Doa dalam Kesulitan

Posted on Friday 23 May 2008 | By

Di tempat saya bekerja (perpustakaan), iseng saya berjalan menuju rak buku-buku agama. Suatu hal yang jarang saya lakukan selama saya bekerja di sini (duh). Setelah lama melihat-lihat judul buku, mata saya tertuju pada buku kecil berjudul “Doa-doa Rosulullah SAW” dengan desain cover yang agak-agak kampungan.

Dari daftar isinya, buku ini berisi indeks daftar doa yang biasa digunakan oleh nabi muhammad dalam kesehariannya dan diriwayatkan oleh orang lain (hadist). Saya telusuri jenis-jenis doa yang ada dalam daftar isi, dan sampai kepada doa menghilangkan kesulitan (ketawan deh lagi kesulitan). Untuk isinya kira-kira seperti ini.

TIDAK ADA TUHAN SELAIN ALLAH YANG MAHA AGUNG, YANG MAHA BIJAK. TIDAK ADA TUHAN SELAIN ALLAH, TUHAN ARAYS YANG AGUNG. TIDAK ADA TUHAN SELAIN ALLAH TUHAN LANGIT, TUHAN BUMI, TIDAK ADA TUHAN SELAIN ALLAH, TUHAN ARAYS YANG MULIA. (BUKHORI DAN MUSLIM)

Sambil agak2 termenung saya berpikir. Ternyata doa ketika kita kesulitan bukan permohonan frontal seperti, “YA ALLAH SAYA SEDANG SUSAH”. Isi dari doa tersebut lebih menampilkan kebesaran Tuhan; MAHA AGUNG, TUHAN BUMI, TUHAN LANGIT, TUHAN ARASY. Agak-agak aneh yah????

Setelah agak lama berpikir, saya memiliki kesimpulan soal doa ini. Ketika kita kesulitan, kita disuruh merendah diri dan disuruh memahami bahwa semua kesulitan itu juga dari Dia yang maha besar dan berkuasa. Kita disuruh untuk memahami semua kebesaran Tuhan dan betapa berkuasanya dia. Di sini kita akan dilihat, apakah kita akan berpaling atau coba kembali kepadanya.

Oh iya, soal desain buku yang kampungan tadi, ternyata buku ini adalah terjemahan dari kitab DOA-URRASULILLAAHI SHALLALLAAHU ALAIHIWASALLAM hasil racikan Abdullah Rajaj (buku terjemahan luar coy!!!)

Share this post

SocialTwist Tell-a-Friend
Advertisement

You might also enjoying this post.

Leave a Reply