Penjelasan Paling Bodoh Mengenai Core2Duo

Posted on Sunday 29 June 2008 | By

Penjelasan paling bodoh mengenai Core2Duo (VERSI SAYA). Mengapa disebut paling bodoh, karena ini adalah penjelasan menurut saya yang orang awam dan bukan anak IT. Mungkin anak IT yang lain di sini bisa memberi penjelasan lebih jauh

Prosesor adalah salah satu dari sekian banyak komponen terpenting dari komputer. Semakin tinggi spesifikasi prosesor, semakin hebat kemampuannya untuk melakukan berbagai pekerjaan berat (render movie, maen game 3D, mengedit image berukuran besar -billboard- dan sebagainya). Tentunya ada juga komponen penunjang lainnya yang membuat hal-hal tersebut jadi tidak mustahil dilakukan dalam hitungan menit (biasanya jam).

Kita sering mendengar istilah Core2Duo di prosesor. Apakah ini? Jenis? Merk? Fitur? Sebelum dijabarkan, ada baiknya kita mengenal karakteristik dari prosesor. Prosesor adalah kumpulan transistor yang tersusun secara sedemikian rupa.

Logika untuk membuat kecepatan prosesor semakin meningkat ialah dengan menambah jumlah transistor. Semakin banyak transistor dalam suatu prosesor, akan semakin cepat kemampuannya melakukan berbagai instruksi dan pengelolahan data. Ini berdasarkan teori MOORE. Dan dia (moore) lah yang membuat teori perhitungan mekanisme pertambahan transistor. Analoginya sederhananya, semakin banyak pekerja yang disewa untuk membangun gedung, akan semakin cepat pula selesainya pembangunan gedung tersebut. Mudah bukan? :mrgreen: <=== jus mangga

Untuk gambaran mengenai besarnya transistor seperti apa, digunakan ukuran nanometer dan sebagainya. Ukuran ini masih lebih kecil dari sehelai rambut yang dibelah jadi tujuh sekalipun ( jembatan Shirotul Mustaqim -red :peace: ). Okeh, sampe sini kita belum menyentuh pembahasan mengenai Core2Duo tadi. Kembali ke laptop :hammer: topik.

Nah, teori si moore sendiri tadi tentu bukan tanpa cela. Ternyata ada kelemahan pula jika terus dilakukan pertambahan transistor pada prosesor. Semakin banyak transistor dalam sebuah prosesor, semakin banyak pula panas yang akan dikeluarkan oleh prosesor tadi. Nah kalau prosesor sudah panas, boro2 kinerja dapat terjadi, justru hal yang timbul adalah System of a Down. Sampai sini, jelas teori moore sudah terbantah secara otentik.

Atas dasar itulah lahirlah konsep Core2Duo. Core2Duo sebenarnya adalah nama teknologi hasil dari penelitian perusahaan prosesor Intel. Core2Duo jika diterjemahkan berarti inti (core) dua (duo). Untuk prosesor keluaran perusahaan AMD, prosesor ber-inti dua mereka dinamakan AMD Phenom. Jangan dipusingkan oleh soal Intel dan AMD karena mereka hanya sekedar merk.

Sekarang permasalahan sudah jelas. Topik mengerucut pada persoalan prosesor inti dua. Inti dua di sini adalah transistor ber-inti dua. Ini berarti dalam sebuah keping prosesor, terdapat dua buah inti kumpulan transistor. Analoginya, ada dua buah tim pekerja yang ditugaskan untuk membangun sebuah gedung berdasarkan jobdesk-nya masing-masing.

Lho bukannya tetap ada penambahan transistor walau katanya terbagi dua? So, pasti tetap panas kan?

Pertanyaan yang bagus. Penambahan inti menjadi dua adalah untuk mengatasi kelemahan hukum moore. Karena kecepatan prosesor sudah tidak dapat ditambah lagi, maka jumlah transistor yang ditambah bukan ke satu inti, melainkan ke satu inti yang lainnya lagi. Ini berarti, ada dua prosesor dalam satu wadah. Di sini panas berlebih tidak terjadi karena penambahan bukan ke satu inti. Tentu saja ini bermanfaat dan sangat efisien untuk melakukan instruksi multitasking dalam perintah berbagai program komputer.

Lebih tepatnya, prosesor ber-inti dua (dual core) tidak berarti cepat, tapi lebih efisien. Karena lebih efisien, pekerjaan jadi selesai lebih cepat. Jadi, “lebih cepat” di sini berarti lebih cepat dari sisi yang lain. Nah Gak ngerti kan :D

Okeh ini sedikit tambahan yang mungkin dapat memperjelas dari bro Anggi:

Secara garis besar kan Core 2 Duo itu secara fisik masih satu prosesor hanya saja, didalam prosesor tersebut terdapat 2 core(atau 2 otak), walau begitu proses kerja bukan berarti 2 kali lipat, tidak.. Tapi menggunakan sistem pembagian, misalnya kernel dan aplikasi background lainnya akan dikerjakan di core 1, tapi jika core 1 dirasa terlalu berat kerjanya maka sebagian pekerjaan akan dipindahkan atau dialokasikan ke core 2…

Dan juga tambahan dari bro Ipung:

Kalo dibilang lebih efisien tidak juga mas. Processor dua inti akan lebih efisien jika program yang dipake sudah mendukung multithreading.. jadi bisa memanfaatkan keberadaan dual processor tersebut…

>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>

NB: Btw sekarang ini sudah lama keluar prosesor QuadCore (inti empat), jadi…

Advertisement

Share this post

SocialTwist Tell-a-Friend

You might also enjoying this post.

37 Responses to “Penjelasan Paling Bodoh Mengenai Core2Duo”

  1. Anggie says:

    Secara garis besar kan Core 2 Duo itu secara fisik masih satu prosesor hanya saja, didalam prosesor tersebut terdapat 2 core(atau 2 otak), walau begitu proses kerja bukan berarti 2 kali lipat, tidak.. Tapi menggunakan sistem pembagian, misalnya kernel dan aplikasi background lainnya akan dikerjakan di core 1, tapi jika core 1 dirasa terlalu berat kerjanya maka sebagian pekerjaan akan dipindahkan atau dialokasikan ke core 2….
    __________________________


    utchanovsky says:
    Okeh, udah saya masukin ke postingan di atas. Mungkin bisa memperjelas buat yang lain :D

  2. good post!

    awalnya gak mudheng, tapi terus jadi jelas banget..

    thanks ya!
    __________________________

    utchanovsky says:
    Hahaha, jadi pengen bikin buku Core2Duo for dummies (dari orang bodoh, untuk orang bodoh) :mrgreen:

  3. nana says:

    ohhh, gitu toh mas…
    ** tampang bego mode : on

    saya aja klo ditanya orang “core 2 duo itu gmana sih?”
    jawab aja deh ngasal2an..
    hahahahahahahaha

    __________________________


    utchanovsky says:
    Hahahaha :D jadi takut ada yang nyanggah nih :hammer:

  4. ipung says:

    AMD Phenom baru dua inti tho.. saya pikir itu processor QuadCore..
    Kalo dibilang lebih efisien tidak juga mas. Processor dua inti akan lebih efisien jika program yang dipake sudah mendukung multithreading.. jadi bisa memanfaatkan keberadaan dual processor tersebut. Kalo engga, paling efeknya cuma processor-nya ga pernah kepake full (paling 50%), jadi bisa encoding video sambil ngetik. Gitu mas.

    NB:saya bukan anak TI
    __________________________

    utchanovsky says:
    Okeh tambahan dari anak IT Ipung ( ngaku aja deh :p ), program yang digunakan juga harus mendukung instruksi prosesor ber-inti dua

  5. nenyok says:

    salam
    Penjelasan yang ringan dan dimengerti untuk masalah yang berat bagi saya, krn ga mudeng soal beginian, trims sob its helpful. :)
    __________________________


    utchanovsky says:
    Benarkah :oops:

  6. gadjah.net says:

    Prosesor dua inti sebenernya masih terlalu kecanggihan untuk teknologi sekarang, karena masih banyak software yang belum dioptimasi untuk menggunakan kedua fitur ini.

    Hardware 64bit tapi masih pake software 32bit.

    Saya pake laptop Pentium M 1.8Ghz (blon centrino lho) dan Asus EEE Celeron 900Mhz masih kuat untuk melakukan pekerjaan sehari-hari.

    __________________________

    utchanovsky says:
    Akhirnya anak IT sebenernya datang :D
    kabur ah, malu :oops:
    >>>>>>>>>>>>>>

  7. catra says:

    ooo,jadi gitu ya… thanks ya inpo nya

    __________________________



    utchanovsky says:
    Yah itu menurut saya sih, mungkin ada yg lebih jago ntar dateng ke sini

  8. opiq says:

    howw,,, bagus2 bahasannya, mnarik. Yup, prosesor berinti dua atau lebih itu akan lebih berpengaruh untuk perangkat lunak yang memang didesain khusus untuk memanfaatkannya. untuk yang punya (prosesor dual core maksutnya), bisa diliat di Performance Tab-nya Windows Task Manager. Pasti jarang banget deh ngeliat 2 inti itu kerja berbarengan.

    Tapi kalo emang dipake wat perangkat lunak parallel computing, mantaf! Kmaren penelitian temen saya (tentang komputasi sifat2 material, mnarik loh!) yang kalo dirunning di prosesor single core 8 jam, bisa jadi cuma 3 jam saja di dual core. (ini perbandingan gak sebanding sih sebenernya, basis sistemnya dah beda soalnya, cuma wat gambaran)

    mohon dikoreksi kalo ada salah.
    __________________________

    utchanovsky says: :shock: kalo saya belum sempet meneliti sih, cuma pernah liat spesifikasi game yang instruksinya sudah memanfaatkan prosesor ber-inti dua

  9. bangpay says:

    saya tahunya hardcore!!!! :)
    __________________________



    utchanovsky says:
    Hahahaha, saya lebih masuk ke blues bang. Agak2 soft soalnya ( apa karena udah tua :hammer: )

  10. Wah selamat nih sudah pindahan dari .co.cc ke .com. Selain kelihatan lebih profesional juga Alexa Ranknya juga punya domain itu sendiri. Terima kasih tentang pengertian Core2Duonya mas. Terus terang saya sangat awam tentang detail seperti itu. Tapi artikel ini menambah pengetahuan saya. Sekarang malah sudah keluar Quadcore? Saya belum denger ya? Mungkin kurang update informasi kali ya…he…he…

    __________________________

    utchanovsky says: :o Mas jimmy bisa aja. Saya justru minder sama master2 SEO di sini

  11. bayu says:

    wakakakaa,.. penjelasan paling bodoh ini justru bikin saya jadi mengerti. thanks untuk sharingnya yak!

    Lebih tepatnya, prosesor ber-inti dua (dual core) tidak berarti cepat, tapi lebih efisien. Karena lebih efisien, pekerjaan jadi selesai lebih cepat.

    __________________________



    utchanovsky says:
    Bukan sekedar efisien, penjelasan bro gadjah dan bro ipung mudah2an semakin memperjelas.

  12. Qeong Ungu says:

    O, pantesan kemaren ga isa masuk. Ya udah diganti.

    __________________________

    utchanovsky says:
    Thx. :mrgreen: < ==== nutri sari anget

  13. alfaridzy says:

    oohhh ngono yo mas???
    gw pikir pikir karena keluaran orang padang jadi cor duo, jadi bisa dibilang dibilang core cie, core duo, core tigo, core ampe’

    __________________________



    utchanovsky says:
    Hahahaha :D ngakak gw.

  14. Adis says:

    Punyaku masih Pentium 4 jhe…

    __________________________



    utchanovsky says:
    Saya malah celeron :(:(:(

  15. putradi says:

    Core2Duo .. M A H A L …
    apalagi quadCore ..

    sayah mah AMD addicted !!

    __________________________

    utchanovsky says:
    Iya, masih prefers AMD. Tapi mengingat Intel telah menolak Vista disematkan padanya, saya jadi pengen ke Intel aja

  16. Somet says:

    Yup, penjelasan yang menyenangkan Bro ^_^

    __________________________



    utchanovsky says:
    Hahaha. :mrgreen: < ==== jus mangga

  17. sigid says:

    Hi hi, sekarang jadi mudeng … :-)
    Njelasinya pakai bahasa awam, mudah dicerna orang yang bukan aI Ti kaya saya

    Sayangnya, sekarang saya masih pakai desknote tahun 2000

    Belum bisa ganti, hiks … hiks …

    __________________________

    utchanovsky says:
    Hahahaha. Jadi pengen liat tu barangnya kyak gimana :shock:

  18. scouteng says:

    pean suka jus mangga ya mas..?

    Yang ku belum ngerti bedanya Core Duo, Dual Core dan core2duo.. cuma ngertinya harganya beda gitu.. terus katanya paling bagus core2duo, puye iki bos..?

    __________________________



    utchanovsky says:
    Okeh, ini pertanyaan yg paling ganas :D hari ini. Penyamaan istilah DualCore, CoreDuo, dan Core2Duo di sini dimaksudkan untuk memudahkan pemahaman atas konsep prosesor ber-inti dua. Jadi, mungkin selanjutnya akan ada postingan menyusul soal ini.

  19. *hari says:

    sebetulnya saya tetep gak mudeng :mrgreen:
    tapi berhubung udah capek2 nulis panjang lebar gitu..ya saya baca ulang deh, kali aja sayanya yg teramat bego :mrgreen:

    __________________________

    utchanovsky says:
    Haiyah. Padahal ini sudah penjelasan paling bodoh lho :shock: Musti revisi lagi :D

  20. scouteng says:

    iya bro, tak tunggu soalnya kalo cari di mbah google isinya yang pinter2 gak ada penjelasan bodohnya..

    __________________________

    utchanovsky says:
    Waduh dapet PR nih :(:(:(

    …………………

  21. sapimoto says:

    Mantap banget penjelasannya, disertai dengan contoh riil bikin tambah ngerti… :)

    __________________________

    utchanovsky says:
    Haiayh sebegichunya :D

  22. kunterz says:

    Core duo -> dua inti dalam satu chip prosesor [termasuk dalam keluarga prosesor Intel Core]
    1. Intel Celeron
    2. Intel Pentium [PentiumI,II,dst]
    3. Intel Core [dualcore,quadcore,dst]

    nah,,Intel Core2Duo itu nama/merk barangnya..
    Core Duo awalnya dibikin buat leptop dey tapi klo Core 2 Duo baru buat PC

    gitu bukan siy ?? :D


    utchanovsky says:
    Setau saya emang ada dua jenis core duo dan core2duo. Kalo lapie ke centrino duo

  23. OktaEndy says:

    *mangut mangut*
    pura pura ngerti..

    Utchanovsky Says: :cool: harus ngerti bro… kalo nggak :mad:

    :peace:

  24. cupidnouva says:

    :paws:
    salam kenal, nice blog and posts…

  25. thevemo says:

    Core Duo…ama Core 2 Duo beda banget dari kinerja dan kecepatan..Core Duo makalo aku bilang kinerjanya hampir sama ama PIV…

    thevemo menulis di blognya tentang Meningkatkan Rangking Alexa

  26. esa says:

    wah..wah..terima kasih can. membantu sekali. jadi ngerti. soal cara kerja, emang tergantung aplikasi yg dipakainya jg klo yg sy baca. keliatan bedanya klo emang ada aplikasi yg sesuai sm yg ngga :???: Nah, klo AMD Athlon itu gmn? berapa biji tuh core nya.:gila:

    esa menulis di blognya tentang We Will Not Go Down

  27. wierki says:

    OO….jadi ini toh core2duo …
    trism buat penjelasannya

    wierki menulis di blognya tentang Donasi ke palestine lewat ceriagames. 1 klik/alamat IP = Rp. 100

  28. veRn says:

    weheheheheee
    gini nieh klo qTA sok2an kasih refiew ttg IT….

    pasti gampang bgt dikritik brooo

    veRn menulis di blognya tentang Mau menghilang dulu

  29. zeista says:

    nah itu dia…
    sekarang udah keluar yang quadcore..
    tapi masih dikit sih sopwer yang bener2 menggunakan sampe 4 core ini

  30. belajar seo says:

    penjelasan yang jitu buat yg awam tentang prosessor seperti saya. maklum yg dipake cuma celeron 1GB, jadi taunya celeron doang

    belajar seo menulis di blognya tentang Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009

  31. R.A.P says:

    wahh,, menarik pembahasannya. buat sy yang awam cukup jelas nih pak dosen,,
    ditunggu kuliah selanjutnya… :D

  32. kandra says:

    weks ternyata uchan emang luar biasa…
    penjelasannya emang sederhana banget tapi sesuai buat kapasitas otak gue yang rada lemot nangkep hal-hal kek ginian

    kandra menulis di blognya tentang A day after work

  33. Lio says:

    Wakakaka, isina lucu bagus keren swt bener iq..

    btw bedana core2duo dengan dual core apa dung bro? jangan bilang beda harga :cool:

  34. yang jelas mau core berapapun yang penting gimana kita ngerawat pc nya.. tul ga om? he.. he.. cmiw..

  35. mas bro says:

    penjelasan paling bodoh yg mudah saya mengerti, thank bgt mas bro.

Leave a Reply