Teori Hegemoni

Posted on Monday 18 August 2008 | By

Postingan ini merupakan postingan lanjutan, untuk melanjutkan keyword dari postingan kebijakan hegemoni di blog utchanovsky.com

Realitas terstruktur adalah teori yang cukup mengejutkan dari Louis Althusser, sekaligus kritik atas Marx yang menurutnya terlalu terpukau dengan klausul ekomoni sebagai faktor mekanisme terjadinya kekuasaan. Louis Althusser cukup berhasil menjelaskan bagaimana bentuk-bentuk ideologi (ideologi di sini dalam arti negatif) disosialisasikan kepada masyarakat luas. Tapi, ada beberapa hal krusial yang membuat bagaimana mekanisme ideologi bisa tersebar luas dengan sangat efektif, yaitu teori hegemoni.

Istilah hegemoni berasal dari bahasa Yunani, yaitu hegeishtai. Istilah tersebut berarti yang berarti memimpin, kepemimpinan, atau kekuasaan yang melebihi kekuasaan yang lain. Konsep hegemoni menjadi ngetrend setelah digunakan sebagai penyebutan atas pemikiran Gramsci yang dipahami sebagai ide yang mendukung kekuasaan kelompok sosial tertentu. Adapun teori hegemoni yang dicetuskan Gramsci adalah:

Sebuah pandangan hidup dan cara berpikir yang dominan, yang di dalamnya sebuah konsep tentang kenyataan disebarluaskan dalam masyarakat baik secara institusional maupun perorangan; (ideologi) mendiktekan seluruh cita rasa, kebiasaan moral, prinsip-prinsip religius dan politik, serta seluruh hubungan-hubungan sosial, khususnya dalam makna intelektual dan moral.

Gramsci menjelaskan bahwa hegemoni merupakan sebuah proses penguasaan kelas dominan kepada kelas bawah, dan kelas bawah juga aktif mendukung ide-ide kelas dominan. Di sini penguasaan dilakukan tidak dengan kekerasan, melainkan melalui bentuk-bentuk persetujuan masyarakat yang dikuasai.

Bentuk-bentuk persetujuan masyarakat atas nilai-nilai masyarakat dominan dilakukan dengan penguasaan basis-basis pikiran, kemampuan kritis, dan kemampuan-kemampuan afektif masyarakat melalui konsensus yang menggiring kesadaran masyarakat tentang masalah-masalah sosial ke dalam pola kerangka yang ditentukan lewat birokrasi (masyarakat dominan). Di sini terlihat adanya usaha untuk menaturalkan suatu bentuk dan makna kelompok yang berkuasa .

Dengan demikian mekanisme penguasaan masyarakat dominan dapat dijelaskan sebagai berikut:
Kelas dominan melakukan penguasaan kepada kelas bawah menggunakan ideologi. Masyarakat kelas dominan merekayasa kesadaran masyarakat kelas bawah sehingga tanpa disadari, mereka rela dan mendukung kekuasaan kelas dominan. Sebagai contoh dalam situasi kenegaraan, upaya kelas dominan (pemerintah) untuk merekayasa kesadaran kelas bawah (masyarakat) adalah dengan melibatkan para intelektual dalam birokrasi pemerintah serta intervensi melalui lembaga-lembaga pendidikan dan seni.

John Storey menjelaskan konsep hegemoni untuk mengacu kepada proses sebagai berikut:

…sebuah kondisi proses di mana kelas dominan tidak hanya mengatur namun juga mengarahkan masyarakat melalui pemaksaan “kepemimpinan” moral dan intelektual. Hegemoni terjadi pada suatu masyarakat di mana terdapat tingkat konsensus yang tinggi dengan ukuran stabilitas sosial yang besar di mana kelas bawah dengan aktif mendukung dan menerima nilai-nilai, ide, tujuan dan makna budaya yang mengikat dan menyatukan mereka pada struktur kekuasaan yang ada.

Teori ini digunakan untuk menjelaskan bagaimana kita bisa merasa rela saat ada orang lain membeli tanah sawah (tanah resapan), yang akan dibangun mall atau perumahan elit. Dan kita kayakngerasa lumrah ngomong gini: “Ya wajarlah dia punya duit”

Klik di sini untuk melihat bagaimana implementasi teori hegemoni

PS: Berdasarkan kejadian sebenarnya, ketika PT 5UMM4R3C0N kembali melebarkan tentakel-tentakel bisnisnya.

Share this post

SocialTwist Tell-a-Friend
Advertisement

You might also enjoying this post.

48 Responses to “Teori Hegemoni”

  1. ubadbmarko says:

    Kenyataan hidup yang berteori.

  2. Ecko says:

    Wah, serius banget nih pembahasannya. Gak nyambung saya. Hehehe, jujur aja deh.

  3. agil says:

    salam kenal… tau blog saya dari siapa?

    wow! teorinya keren pisan. sebelum membaca blog ini, saya berpandangan lain terhadap definisi teori hegemoni. saya mendengar hegemoni lebih mirip heygaymoney.. yg artinya “Hey gay.. mau money?” ehehehe…

    agil menulis di blognya tentang PENGUMUMAN!!!

  4. the gands says:

    dasar otak aku lagi off. maaf ya pak, aku gak mudeng..

  5. sigid says:

    artinya hegemoni berkaitan erat dengan penguasaan material? :doctor:

    sigid menulis di blognya tentang Soundrenaline 2008, Seribu Musisi di Seribu Candi

  6. otakkabel says:

    waduh…
    mas uchan bikin ane pusing neh…
    :???:

    otakkabel menulis di blognya tentang Free Friendster (FS) Layout

  7. angus says:

    :???: kirain teori mengenai uang alias moni :hammer:

    lagi mudik di desa juragan,.. untung ada koneksi gratisan :hammer: ing:

  8. langitjiwa says:

    pertama: aku mengucapakn slmt menunaikan ibadah puasa ramadhan
    dan yg kedua aku hrs menyimak bnr potingan kamu ini,hehehehe…
    salamku

  9. Rita says:

    Tulisannya berat, kalau kepemimpinan, yang aku inget max weber, henry fayol dkk…. minim hiksss
    btw. Selamat manunaikan ibadah puasa (bg yg menjalankannya), semoga meraih pahala yg sebesar2nya, amien. Mohon maaf lahir dan batin, Rita and Fam.

  10. Daus says:

    Pernah belajar teori hegemoni dulu, hehe. Ada hubungannya dengan client-patron nggak sih?

  11. Sikurochan says:

    Ininih SEO yang ebat2, masuk jajaran 10 besar PR

    Sikurochan menulis di blognya tentang Cara membuat widget mesin pencari blog sendiri

  12. belajar seo says:

    pernah juga dulu belajar teori hegemoni, tp cuma sepintas buat pendekatan karya sastra. sekarang udah lupa. thanks buat ulasanya :D

    belajar seo menulis di blognya tentang Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009

  13. ahahah gak mudeng sayah, hehehe salam kenal…

  14. zeista says:

    kehidupan kita sama kok dengan kehidupan di hutan, yang kuat pasti menindas yang lemah…

    tinggal bagaimana kearifan si terkuat tersebut dalam memimpin

    • uchan says:

      Yup, tapi konsep hegemoni ini terus digunakan oleh mereka yang berkuasa untuk merekaya kesadaran masyarakat yang dikuasai dan membuatnya tampak alamiah… Masyarakat pastinya hanya bisa nerima karena terlihat alamiah.

      Contohnya kayak orang yang lumrah musti bayar lagi biaya buat bikin KTP, biar cepet. Kalo gak bayar kurang diprioritaskan.

      :twisted:

      Atau konsep bayar pajak yang semakin dipermudah, padahal pajak sekecil apapun adalah pungli legal yang terselubung.

  15. IHSAN says:

    hagemoni berarti sangat mengerikan ya di jaman sekrang ini :shock:

    IHSAN menulis di blognya tentang Dapat Kaos Dari Bugiakso dan Kartu Debit Dari Payoneer

  16. […] terus. Ke dalam otak kita, melalui TV, koran, Internet. Diserap pelan-pelan oleh kita, sampai akhirnya pada suatu ketika kita menganggapnya lumrah. Hal-hal yang tadinya kita jijik melihatnya, sekarang seolah biasa saja. Bahkan, kita tidak bisa […]

  17. ice_tea says:

    Gramsci tuh mukanya kayak Silencer di The Three Idiots ga sih??? hehhehe :mrgreen:

  18. sianny says:

    wew,. setuju dengan apa yg tertulis,. kebetulan hari ini saya ikut diskusi dengan tema hegemoni, politk, power. Dan dari situ saya sadar kalau hegemoni pada zaman sekarang tidak lagi sebatas kekuasaan yg tampak saja. tapi yg latent (tidak tampak)pun bisa disebut hegemoni. seperti segala ilmu yang kita miliki, brand merek tertentu, sampai hal sepele seperti baju berdasi yang dianggap sebagai eksekutif muda dll,. itu karena adanya pengaruh dari kaum yang lebih berkuasa yg melegitimasi kan kekuasaan yg dy miliki terhadap bawahanny,..
    tp y kalau saya lihat hegemoni ini walaupun bisa negatif, tp juga masi diperlukan karena juga memiliki dampak +,.

  19. Ali says:

    Pembahasan mengenai teori konspirasi sepertinya perlu dilakukan untuk memperluas cakrawala pemahaman akan interrelasi teori hegemoni.

  20. lin says:

    Mau tanya dong, klo ini pake teori hegemony bkn? Kalau perbedaan antara si miskin yang sering dihukum oleh Ayahnya dengan pangeran yang hidup mewah tapi selalu mengikuti aturan-aturan kerajaan.
    Lalu suatu saat, mereka bertemu dan mereka tukaran, yg miskin jd raja dan sebaliknya..

    • uchan says:

      bukan :o

      hegemoni itu kerelaan penerimaan ideologi, walau itu mengopresi kita

      semisal kerelaan membayar pajak dengan jargon2 membantu negara, padahal konteks pajak dewasa ini digunakan untuk menzalimi rakyatnya :Peace:

  21. lin says:

    nah terus pakai teori apa dong, nih ceritanya Mark Twain “The Prince and the pauper.

  22. lin says:

    tolong dibantu yah….
    saya bingung banget nih, nyari teori apa buat novel ini. Makasih

  23. joe adjie says:

    membedah mind set !
    sip bgt bahasannya mas…,_
    tolong liat blog sy mas dan bantu utk memperbaiki materi2 ataupun jika terjadi kesalahan perspektif. . .

  24. saiful says:

    mas refrensinya dapat dari mana?????
    tolong kasih tau ya,…

  25. novie says:

    maaf,aq mau tanya…
    nama yang nulis artikel ini cpa ya?
    bingung mau tak buat rujukanq tp namanya gak jelas…..

    makasih…

  26. novie says:

    eh satu lagi, aku kan mau melakukan penelitian tentang hegemoni kekuasaan dalam karya sastra….

    kalo mau bantu,hegemoni dalam karya sastra itu seperti apa ya??? soalnya saya kekuarangan referensi nih… buku-buku selain bagus takwin apa lg ya?

    tengkyu….hi

  27. hari ini hegemoni masih membelenggu keseharian kita, hegemoni kapitalisme.

    • Uchan says:

      Bener, mekanisme penguasaan segala cara

      bailout dibilang nyelametin bank, bayar pajak dibilang cinta negara, apalagi klo gusur tanah orang pake istilah green, pdhl ujungnya bangun apartemen

      ni negara mau bubar kayaknya :p

  28. anonim says:

    ralat kak dodi. kapitalisme itu ideologinya. yang hegemon itu penguasa kapitalis nya. :)

  29. fenty says:

    sy lg bikin skripsi tentang hegemony ni, skrg bru diambang frustasi. Ternyata hegemony luas ya.. disini ak lbh ngebhas ttng cultural hegemony suatu negara.. bisa g bantu nyari teory hegemony slain gramsci

    • Uchan says:

      Sayangnya hegemoni itu ya identik sama si Gramsci ini. Wow cultural hegemony tu ngepas bgt pake teori ini.

      Contoh kasus, zaman skrng orang dah biasa ngeliat pasangan hamil duluan sebelum nikah. Yg sosialisasiin tv2 sama media. Pelan2 akhirnya orang nyetujuin.

      yg seneng masy barat karena kultur mereka ternyata bisa diterapkan di indonesia. Ujungnya tinggal jualan life style ala mereka di tv2

  30. saya berpandangan bahwa sesungguhnya hegemoni lahir dari sebuah ambisi untuk mendominasi pihak lain, dimana ini juga merupakan ‘sifat manusia’ yang tidak dapat dipisahkan dari konteks kehidupannya. Asas kesamaan dan pemerataan kekuasaan rupanya hanya menjadi sebuah teori klasik. lebih dari itu kekuasaan (ambisi) yang membuat semua ini terjadi.

    • vitahary says:

      sy lg bikin skripsi yg salah satunya pake teori hegemoni ini…
      apa holocoust jg bs dikatakan sebagai hegemoni??? apa marginalisasi terhadap orang kulit hitam juga bisa dikatakan hegemoni??? ap hegemoni juga bisa melalui cara2 seperti genocide ataupun etnic cleansing???

      • Uchan says:

        holocoust = pemusnahan ras yahudi masa Hitler
        hegemoni = penguasaan dgn persetejuan

        dari definisi, berbeda jauh

        Tapi bisa juga untuk beberapa kasus, dua istilah di atas berkorelasi

        Melalui hegemoni dan pembentukan stigma terorisme, orang2 islam di negara2 arab yg dikuasai barat secara SAH dan LEGAL boleh DIBUNUH dan masyarakat dunia MENDUKUNG ide masyarakat barat tersebut.

        Nah dari stigma terorisme tersebut, ujungnya orang2 di luar Islam yg dianggap tidak teroris menggenosida masyarakat Islam. Semisal kasus pelanggaran HAM di Amerika yang banyak terjadi, walau belum sampai tahap seperti Holocoust

        Real-nya sendiri, ya di Palestina

        • vitahary says:

          pernah nonton my name is Khan???? saya kira di film itu moslem menjadi pihak yang termaginalisasi dan juga menjadi korban hegemoni bahwa muslim itu teroris…..
          pernah nonton amistad??? apa itu juga perwujudan dari hegemoni kulit putih bahwa orang hitam khususnya africa itu budak???

          seperti inikah???

  31. vitahary says:

    apa hegemoni juga bisa dengan cara kekerasan?? penggunaan aparat contohnya??? ataukah hanya penanaman ideologi seara pelan2 yang lama lama bisa diterima malah kita bisa mencintainya???

  32. […] contoh lain mengenai “PR tahunan Nasional” ini di suatu negara bernama Indonesia.Klik di sini untuk mengetahui pengertian teori hegemoni gramsciPS: Haar Tilaar itu pakar pendidikan dari UI. […]

Leave a Reply