Apa OS yang Digunakan di Mesin ATM BCA?

Posted on Wednesday 22 June 2011 | By

ATM-BCA

ATM, atau Automated Teller Machine, di kita menjadi Anjungan Tunai Mandiri. Setiap hari kita pasti mengakses tempat ini, entah itu di samping kantor, ruko, dan berbagai tempat perbelanjaan untuk mengambil uang. Namun, pernahkah terpikir sistem apa yang menjadi back-end mesin ATM, apakah ia OS ATM yang berdiri sendiri atau program ATM yang berdiri di atas OS lain?

Well, tidak sengaja ketika berkunjung ke mesin ATM daerah Kelapa Gading, saya menemukan penampakan ATM yang tidak lazim. Ternyata ada pesan eror dari sistem operasi Windows yang muncul di layar mesin ATM BCA. Dari situlah saya mengetahui ternyata OS yang digunakan adalah Microsoft Windows XP.

pesan-error-atm-bca

Masih kurang percaya dengan skrinsyut di atas? Ini tampilan yang memuat seluruh layar lengkap beserta lambang BCA-nya di pojok kanan bawah layar :D

pesan-error-atm-bca2

Share this post

SocialTwist Tell-a-Friend
Advertisement

You might also enjoying this post.

16 Responses to “Apa OS yang Digunakan di Mesin ATM BCA?”

  1. Nah menarik nih pembahasannya..
    Ane juga sempat berpikir kira2 apa OS yang di pakai di ATM.

    Tetapi rata-rata memang windos mereka memakainya..seperti hotel pun banyak memakai windows untuk administrasi khususnya micros fidelio.

  2. yayan says:

    Sebelumnya abang ngira OSnya apa emang? :D
    Omong-omong, ke Kelapa Gading kok nggak bilang-bilang, bisa kopdaran kita :o

  3. freeazy says:

    haha… http://goo.gl/90Fci

  4. Waah baru tahu saya kalo ATM pake Mikocok (microsoft). Nice inpoh Mas :D

  5. apa? :D
    kkkkk
    baru tau yang ini xD

  6. Cahya says:

    Teman saya di Jogjakarta kebetulan juga pernah membantu salah satu bank downgrade sistemnya, dari komputer baru dengan semua Windows 7 genuine ke Windows XP bajakan. Alasannya karena software yang mereka gunakan tidak compatible dengan Win7, sampai geleng-geleng kepala deh :D.

  7. alief says:

    sudah pernah tau info ini, kalu mayoritas-kalo gak malah semua- atm yang ada di indonesia ini memakai sistem operasi windows xp, dan parahnya mesinnya sendiri-hardware- memakai mesin yang sudah sangat kuno. ini pernah aku rasakan sendiri, saat ada banyak transaksi di salah satu atm di kalimantan, berkali kali hang, dan bahkan sampai akhirnya aku 3x melakukan transfer, padahal selalu dinyatakan gagal sama si atm itu. untungnya yang aku kirimi rekening bapakku sendiri… :)

  8. arif says:

    itu sistemnya apa disetiap ATM ada 1 OS ya ? atau cukup 1 di pusatnya.. kalo tiap ATM 1 OS ya pasti beneran banyak tuh duitnya BCA (kalo OSnya asli) :-)

  9. cidtux says:

    atm bni juga… pas mau ngambil duid diatm.. eee layarnya seperti win 98/winxp safe mode. kayak lagi diremote ama adminnya…

  10. Xrvel says:

    Wew, baru tau ternyata pake windows. kirain pake OS apa gtu.. :D

  11. Yudha Akbar says:

    iya , fakta bener. di kotaku aja aku ngelihat teknisi lagi membenahin ATM BCA kliatan tuh pake Win XP , wedew brarti di jebol pake linux bakalan bisa tuh .. :/

  12. […] belum tahu, masih banyak ATM yang menggunakan sistem operasi Windows. Bahkan, bank sekelas BCA pun masih menggunakan OS Windows XP ini. Padahal, kita semua tahu bahwa pada April mendatang, Windows XP akan menemui akhir dari masa […]

Leave a Reply