Tombol Shortcut Keyboard Mengaktifkan Task Manager

Friday 16 May 2008
Posted in: IT Anak Rumahan

Apakah Anda pengguna Windows XP yang menyebalkan itu???? 😛 Kalau iya, mungkin shortcut keyboard ini akan sangat berguna buat Anda. Tiap orang memiliki kebiasaan unik ketika berinteraksi dengan komputer di mejanya. Saat mulai bekerja, biasanya orang akan menjalankan Winamp, YM, Internet Explorer, Aplikasi Word Prosesor (Microsoft Word), dan folder My Documents.

Mungkin pada mulanya hal ini adalah suatu kelaziman dan menjadi rutinitas tersendiri. Namun, pada suatu ketika Anda tiba-tiba merasa kaget dan agak bingung. Saat Anda menjalankan Microsoft Word dan Winamp, komputer tiba-tiba hang begitu saja. Anda akan bertanya-tanya, dan mencoba mengerti permasalahan yang sedang terjadi.

Bagi yang agak2 mengerti komputer, spontan mereka akan langsung menekan kombinasi tombol [Ctrl] + [Alt] + [Del]. Selanjutnya akan muncul kotak dialog yang menampilkan menu pilihan buat Anda; Shutdown, Logoff, Lock Computer, dan… Task Manager terfavorit (yai). Seperti biasa, pilih Task Manager dan lihat aplikasi yang bermasalah apa, dan paksa untuk berhenti.

Sampai di sini, bukan tanpa ada masalah. Ketika dihadapkan pada situasi “hang”, respons Windows untuk menampilkan menu pilihan ke Task Manager akan sangat lama. Proses ini bahkan bisa memakan waktu hingga dua menit lebih. Dua menit ketika sedang bekerja dan sedang diuber2 deadline adalah neraka yang benar2 mengerikan.

Di saat seperti inilah, Anda bisa menggunakan jurus ini. Daripada menekan kombinasi tombol [Ctrl] + [Alt] + [Del], lebih baik Anda menekan tombol [Ctrl] + [Shift] + [Esc]. Kombinasi tombol ini akan langsung mengaktifkan Task Manager yang Anda cintai itu (hahahahaha). Namun pada kondisi hang, Task Manager juga akan muncul dalam waktu yang lama.

What the…???? Yah paling tidak, Anda akan menghemat waktu 2 menit dengan men-skip menu yang akan menampilkan pilihan mengaktifkan Task Manager (seba Anda langsung mengaktifkan Task Manager tanpa harus melalui menu sebelumnya.

Yah kira-kira gitu deh.

You might also enjoying this post.