Kompie Jadul

Monday 26 May 2008
Posted in: IT Anak Rumahan

semenjak pindah dari kantor lama ke kantor baru (pindah kerja), saya terpaksa menerima kompie offline stand alone dengan spek jadul (PII n memory 64MB). Jadi, kalau mau inet nyaman, ya cuma di rumah doang. aktivitas ber-YM ria terpaksa dihentikan di siang hari.

mulanya memang ada kendala. Tapi, pelan2 saya coba cari solusinya. untuk ber YM ria, saya coba memanfaatkan HP nokia 7610 yang memiliki kunci untuk ke gerbang luar (GPRS, hahahaha). rencana awal, usb bluetooth akan saya pasang guna menjembatani antara kompie dengan modem HP. Namun, rencana tersebut batal sehubungan kualitas GPRS IM3 yang mengerikan (huh). Saya hanya butuh YM, dan berkoneksi dengan internet di kompie berdasarkan volume based adalah pilihan yang buruk. Saya memutuskan menggunakan aplikasi mobile untuk ber-YM ria di HP saja.

setelah google ke sana sini, ada bermacam aplikasi yang dapat digunakan untuk ber-YM-ria di ponsel. Malahan, ada beberapa aplikasi yang membangun komunitasnya sendiri (punya room n smiley tersendiri), seperti MIG33 dan Nimbuzz. Untuk aplikasi Morange, kita bahkan bisa mendownload email dari provider email yg menyediakan layanan POP3.

Setelah sekian lama googling, akhirnya pilihan jatuh pada ebuddy. Ebuddy menyediakan layanan multiakun messenger, seperti Yahoo, Google, MSN, dan AOL. Alasan kenapa saya memilih ebuddy, aplikasi ini tidak rewel soal ketika sedang terkoneksi di jaringan GPRS yang jelek (cuma muncul peringatan sedikit). Untuk kasus aplikasi MIG33, program ini akan langsung logout otomatis seandainya kita berada di jaringan yang jelek, sehingga membutuhkan proses login kembali. Ebuddy merupakan platform JAVA dan yang lebih enaknya lagi, program ini gratis. Untuk mendownload ebuddy, bisa kunjungi situs ini.

http://www.getjar.com/products/10717/eBuddy

You might also enjoying this post.