Posting Pertama Make Linux :D

Monday 2 June 2008
Posted in: IT Anak Rumahan

Akhir tahun 2006, saya mulai mengenal linux. Idealisme yang dibawa dalam linux membawa magnet tersendiri buat saya. Masih terngiang-ngiang di kepala omongan si “gondrong” stallman, perintis proyek GNU (open source):

“Sourcode adalah deretan angka-angka biner. Karena itu angka tidak boleh dipatenkan (mudah2an ni bener omongan si stallman)”

Maksud UU HAKI sebenarnya adalah mekanisme perlindungan dan pengakuan atas individu. Tapi, hal ini semakin mencurigakan manakala konsep ini terus didengung2kan oleh Microsoft. Microsoft yang notabene adalah perusahaan besar mengapa musti cemas soal HAKI ini. Toh penjualan hardware di seluruh dunia hampir mayoritas menggunakan OS Windows.

Dirunut lagi lebih jauh, UU HAKI kini telah bergeser nilainya. Jika dulu UU HAKI dimaksudkan untuk melindungi individu dari penzaliman atas usahanya, kini UU HAKI digunakan oleh Microsoft sebagai alat untuk menjaga rezimnya (dasar kapitalis). Mengapa rezim? Gara2 hal itu, kini produsen berlomba-lomba membuat berbagai periferal hardware (VGA, SoundCard, Proc, Memory, Hardisk, dll) untuk memenuhi kebutuhan software Windows. Gara-gara ini juga jadi muncul jargon: VISTA READY!!!

Untuk hal ini, saya jadi teringat omongan Onno W Purbo. Intinya, dia mengatakan bahwa di tengah masyarakat modern seperti ini, dia menemukan mekanisme gotong-royong tanpa memandang suku, agama, kasta, dsb melalui proyek open source. Masyarakat modern yang dipenuhi asumsi2 egois dan individualis ternyata mewujudkannya melalui open source.

===========================

Mekanisme proyek open source:

  • A punya program X
  • A memberitahukan source code program X kepada komunitas untuk meminta penyempurnaan dan feedback
  • Komunitas mengembangkan source code program X si A dan membuatnya jadi program lain yang lebih sempurna, namun tetap menampilkan nama si A sebagai pembuat source code.

Gotong Royong open source:

  • A punya permasalahan atas program tertentu
  • A melaporkan permasalahan kepada komunitas
  • Seseorang anggota komunitas (anggap saja si B) di seberang sana berhasil mengidentifikasi masalah, dan membuat solusi.
  • B memberikan hasil kerjaannya kepada komunitas.
  • A menerima solusi atas permasalahan

PS: Jika Anda dengan bangga mengatakan bahwa Anda membeli sendiri software asli Windows, maka Anda salah. Yang Anda beli adalah kelegalan sewa atas sistem operasi Windows karena sifat kodenya yang tertutup.

_______
Tulisan ini dibuat untuk menyukseskan Lomba Blog Open Source P2I-LIPI dan Seminar Open Source P2I-LIPI 2009.