Bakteri Super Kuat

Thursday 5 June 2008
Posted in: Did I Have a Story?

Beberapa waktu lalu saya sempat menderita flu berat. Lebih berat dari wabah flu yang pernah saya alami di waktu2 sebelumnya. Saya kira, tampaknya ada peningkatan damage attack yang saya derita akibat flu ini.

Bakteri Flu

Tentunya ini bukan tanpa alasan. Pemakaian antibiotik yang serampangan dan dapat dengan mudah diperoleh di obat2 flu di pinggir jalan menjadi penyebab hal ini. Bakteri terus bermutasi dan memproduksi senyawa tertentu yang dapat menyesuaikan diri dan membuat kekebalan tersendiri terhadap antibiotik. Bakteri ternyata cukup pintar dan mampu beradaptasi dengan membangun antibodinya sendiri guna menghambat pengaruh dari obat antibiotik yang diberikan. (mudah-mudahan si bener begitu)

Akhirnya, dosis antibiotik terus ditingkatkan guna mengatasi bakteri kebal tersebut. Namun, para bakteri juga tidak mau tinggal diam dan membangun kembali antibodi baru dan bermutasi lagi. Proses penambahan dosis dan bermutasi ini terus berlangsung hingga berujung pada lahirnya bakteri super kuat hasil dari proses mutasi dan kebal terhadap antibiotik dosis tinggi.

Kalau udah gini, antibiotikpun sudah tidak mempan.

Jangan serampangan kalau mau minum obat. Jangan latah karena iklan. Kalau bisa sembuh hanya dengan istirahat sehari-dua hari di tempat tidur, ya lebih baik seperti itu saja.

You might also enjoying this post.