Replace banyak entry file Word dengan Notepad++

Tuesday 29 July 2008
Posted in: IT Anak Rumahan

Fungsi software ini sangat banyak. Tidak hanya sekedar pengganti notepad bawaan windows biasa, Notepad++ memudahkan kita dalam mengedit file html, css, dan php karena ada fasilitas hightlight-nya di tiap baris-baris kode. Tentu ini sangat berguna bagi user awam yang tidak membutuhkan pengetahuan mendalam dah hanya ingin mengedit sedikit file themes blog kita.

(Biasanya sih make Dreamweaver atau malah user hardcore malah make :hammer: notepad doang)

Tapi, fungsi utama yang paling saya andalkan dari software ini adalah muti-replace banyak dokumen. Pernah dipusingkan dengan persoalan kesalahan data kalimat yang sama di banyak dokumen word? Solusi manual biasanya kita buka satu per satu dokumen tersebut, kemudian mereplace-nya dengan cara biasa. Nah, bayangkan jika file tersebut ada ratusan!??!? Apakah kita harus membuka satu per satu dokumen setelah itu baru kemudian kita bisa me-replace? Sepertinya tidak karena waktu cuma akan dihabiskan oleh lamanya menantikan kemunculan logo MS WORD.

Nah :wowcantik: kita bisa gunain software ini. Salah satu fitur keren dari notepad++ adalah multi-tab dokumen dalam satu jendela (seperti fasilitas multi-tab pada firefox). Kita akan memanfaatkan fitur ini.

Jika saya dihadapkan pada situasi tersebut, biasanya saya kumpulkan semua dokumen yang hendak direplace dalam satu folder. Kemudian pilih semua dokumen tersebut (Ctrl+A) > klik kanan > open with Notepad++ (ya notepad++ bisa membuka file word tapi jangan dipake buat ngetik yah). Selanjutnya tunggu sejenak dan dokumen akan dibuka dalam banyak tab di satu jendela kerja notepad++.

Kalo udah gini, tinggal cari dan replace saja (Ctrl+F). Di sana ada opsi untuk me-replace satu dokumen saja atau di semua tab dokumen yang terbuka. Catatan, cara ini hanya berlaku ketika kesalahan data yang hendak direplace sama di tiap dokumen.

Kasus saya waktu itu adalah kesalahan dalam penulisan tanggal. Saya terlanjur menulis 20-12-2008 di semua dokument (kira2 100 dokumen). Namun ternyata, acara diundur menjadi 28-12-2008, so mau tak mau saya harus mengedit 100 dokumen tadi. Dengan notepad++, saya cukup mencari entry 20-12-2008, kemudian me-replacenya dengan entry 28-12-2008.

:mrgreen: <=== jus jeruk

PS: Anomali yg terjadi, format font yang tadinya times menjadi arial :hammer: . Coba jangan buka sekaligus 100 dokumen dalam saat yang bersamaan. Cobalah tiap 10 dokumen yang berbarengan dibuka.

Mengharapkan link download? Ketik aja di google search bar dengan keyword “notepad++”. Jangan khawatir masuk situs warez (situs kumpulan software bajakan) yang banyak virus or spyware, karena notepad++ 100% gratis (yai).

You might also enjoying this post.