Linux Newbie Administrator Guide

Saturday 9 August 2008
Posted in: Download, IT Anak Rumahan

Okey, berhubung lagi kehabisan inspirasi, postingan kali ini saya hanya akan menyajikan salah satu koleksi barang di gudang rapidshare (gratisan) saya. Untuk jenis barang kali ini saya akan memberikan koleksi ebook copas dari rimbaraya internet sana berupa administrasi sistem linux buat nubie. Lumayan lha buat nambah2 koleksi di harddisk. Size-nya juga lumayan kecil.

Sedikit gambaran, buku ini dirilis pada 22-07-2004. Saat itu sepertinya rezim linux masih dipegang oleh para distro beraliran oldschool-nya RPM (RedHat dan Mandrake) karena pionir dalam kemudahan visual dan penggunaan (terutama dalam hal instalasi). Tapi jangan salah, user-friendlynya linux tahun 2004 masih sangat susah ketimbang linux2 user-friendly sekarang ini.

Buat linuxer hardcore, jangan kecewa dengan embel-embel for newbies pada buku ini karena berbagai isinya agak2 “shell dan bash” (lumayan buat nostalgia masa lalu). Sebagai contoh, jika kita ingin menggunakan CD-ROM, kita harus memount dulu device CD-ROM yang hendak kita gunakan ke dalam folder tertentu. Buku ini akan menjelaskan bagaimana perintah memount CD-ROM dengan prompt. Adapun distro2 dewasa ini, biasanya kita tinggal menjalankan Konkueror Nautilus di desktop (klik saja) dan cari pilihan CD-ROM (seperti halnya Wind0ws Explorer (sangat mudah).

Gak sabar pengen baca sendiri? Silakan download dengan meng-klik tombol di bawah ini.

Detail Buku:

  • Menggunakan Bahasa Inggris ( Damn 😡 )
  • Ukuran file 720 KB (Lebih kecil dari disket)
  • Total 128 halaman
  • Menggunakan lisensi open dokumen (mudah2an boleh didistribusikan kembali)

You might also enjoying this post.