Paradoks, terkadang hampir gak kerasa

Monday 24 November 2008
Posted in: Serius (Terlalu!)

GREENPEACE

Apa yang ada di benak kita ketika mendengar kata itu? Aktivis lingkungan? Pekerja sosial yang hebat? Organisasi massa berskala internasional yang sangat concern dengan lingkungan?

Wo wo wo, hold on

Saya agak2 heran. Sepertinya kalo di Indonesia, Greenpeace jadi lifestyle dan trend yak?? Soalnya ni lagi hangat2nya diperbincangkan.

Concern healty life sih emang harus, cuma Indonesia kan gak separah kerusakan lingkungannya kayak di Eropa sono (dan jelas-jelas mereka emang penyumbang kerusakan terbesar lingkungan dunia). Wajar lha kalo mereka feeling guilty dan lantas buat organisasi internasional Greenpeace itu. Kayak soal atheis di barat yang jadi kelaziman, background mereka kan jelas doktrin kaum agamawan gereja klasik dulu yang emang cukup dominan. Lha kalo di indonesia, orang yang jadi atheis aneh kan (walaupun banyak)??

(ini gak ada hubnya sama sekali dengan SARA dan saya memang tidak bermaksud begitu)

Soal GreenPeace ini… kayak ada yang sengaja ekspos biar berhembus ke Indonesia (masih belum nemu motif terselubungnya).

Peduli sih peduli, tapi benarkah kita peduli lingkungan? apakah kita masih makan+minum+pake kosmetik di tempat franchise2 eropa penyumbang kerusakan alam terbesar hasil teknologi industri mereka? beli produk2 sehat yang “tidak sehat” punya mereka? Masih rajin karaokean buang2 duit gak karuan, easy come easy go?

Mudah2an gak sekedar ikut yang ikut2an. Berhenti minum kopi n makan di tempat2 franchise mahal dan kasih sisa duit gajinya buat orang2 di pedalaman Jawa + papua + sulawesi + sumatera + kalimantan yang kelaparan, panti2 sosial, orang-orang jompo, daerah bencana, korban banjir akibat bajingannya pengusaha properti, gedung sekolah rusak, orang-orang yang dipaksa hidup dengan kualitas barang yang nggak pantas …. (kalo diterusin bisa bakalan sampe panjang bangat ke bawah).

Saya rasa ini yang lebih penting dari sekedar organisasi GreenPeace.

PS: Maaf tulisan saya yang terlalu simple, tapi justru itu semuanya jadi tampak jelas. Source gambar banjir diambil dari sini

You might also enjoying this post.