Shutdown Windows Otomatis Tanpa Software

Friday 2 January 2009
Posted in: IT Anak Rumahan

Pengalaman saya ketika sehabis selesai chatting, buka FS dan Facebook bekerja di depan komputer sampai larut malam, tentunya membuat kita langsung pengen tidur aja di kasur dan meninggalkan komputer menyala karena kondisi tubuh yang amat lelah. Esoknya ketika terbangun, kita masih mendengar dengung deru fan di case computer.

Atau, ada yang punya kebiasaan mendengarkan musik sebelum tidur? Biasanya kita tinggal menjalankan winamp kemudian tertidur. Keesokan harinya, kita menemukan komputer masih melantunkan alunan lagu-lagu di playlist.

Atau… jika komputer yg dipakai shared beramai2 (warnet atau kantor), Anda ingin membuat user lain selepas Anda terheran-heran dan pusing gak karuan karena komputernya bisa mati sendiri?

Yep, tips ini akan sangat berguna buat Anda. Anda ingin komputer bisa mati sendiri kan? Otomatis dengan interval waktu yang ditentukan? Tanpa software tambahan, dan terbilang cukup mudah? Simaklah langkah-langkah berikut.

  • Klik Start button > Run
  • Muncul kotak dialog Run, ketikkan
    shutdown -s -t 1800
    Nanti akan keluar jendela pop-up peringatan bahwa windows dalam waktu 30 menit akan mati. 1800 adalah jumlah detik (1800 detik = 30 menit).
  • Untuk membatalkan proses tadi, jalankan lagi kotak dialog Run, dan ketik
    shutdown -a

Power Tips ( biar berasa majalah Chip :p ):

  • Kalau tidak ada menu Run di Start Menu Windows, pake shortcut keyboard [Logo Windows] + [R] untuk menampilkan kotak dialog Run.
  • Kalau ternyata gagal, berarti Anda tidak memiliki hak akses (privillage) Admin di komputer itu. Jebolah password admin menggunakan Hiren’s Boot CD.

You might also enjoying this post.