Mungkin Aja Belum Tau (1)

Wednesday 7 January 2009
Posted in: IT Anak Rumahan

Postingan kali ini saya bakal ngebahas sesuatu yang remeh temeh, tapi mungkin gak semua orang tahu. Mudah-mudahan berguna.

  1. Temen saya nanya ke saya, gimana cara nge-save gambar di sini. Setelah cek ke TKP, ternyata contentnya gambar flash. Cara terbodoh yang biasa saya lakukan untuk mendapatkan gambar itu adalah, menekan tombol [Print Screen] di keyboard, kemudian paste di Gimp, MSPaint, Photoshop, ACDsee, dll. Fungsi tombol [Print Screen] adalah menyalin gambar seluruh layar. Karena itu setelah dipaste ke program image editor, masih butuh sedikit editing buat nge-crop gambar yang tidak ingin diambil.
  2. Misalnya Anda tidak mau kedatangan Anda ke situs tertentu tidak terdeteksi arahnya dari mana, Anda bisa gunakan url yang ingin Anda tuju.
    [cc lang=”html”]http://anonym.to/?+link[/cc]
    Misal:
    Saya nulis di blog saya (http://utchanovsky.com) tentang si Anu (http://anu.com). Ketika visitor meng-klik link si Anu, di stats situs dia akan ada catatan bahwa kunjungan ke situs Anu berasal dari situs saya. Dengan menambahkan
    [cc lang=”html”]http://anonym.to/?http://anu.com[/cc]
    otomatis di stats-nya situs Anu tidak akan ada refferal link dari situs saya.
  3. Kalo misalnya kita lagi ngetik post di WordPress atau Joomla, biasanya ketika kita menekan [Enter] di editor, nanti akan pindah paragraf ke bawah dengan jarak dua spasi. Bagaimana caranya biar jedanya cuma 1 spasi? Simple, tahan tombol [Shift] ketika menekan tombol [Enter].

    liat tulisan merah ini yang berada di bawah paragraf (ini harusnya muncul angka 4 kan kalo dipencet [Enter] secara biasa.


    Fungsi [Enter] ketika mengetik sesuatu adalah untuk membuat jeda paragraf baru. Ketika menekan berbarengan dengan tombol [Shift], tidak ada jeda. Meski berada di bawah, tetap dianggap satu paragraf dengan tulisan sebelumnya.

Nah, sekian dulu untuk tips kali ini. Mudah2an kita bisa bertemu lagi di lain kesempatan dengan tips-tips baru lainnya yang nggak kalah bodoh (jah)

You might also enjoying this post.