(Share) Foto Kebakaran Plumpang

Friday 6 February 2009
Posted in: Share

langit merahBerikut ini adalah foto-foto hasil capture peristiwa kebakaran plumpang 18 Januari 2009 dari jarak 5 km. No HOAX and NO REPOST πŸ˜› . Perlengkapan standar yang digunakan untuk mengabadikan moment ini cuma Nokia 7610 jadul dengan night mode, serta Adobe Sotoshop (sengaja di-resize biar gak keliatan pecahnya, hihihi).

Warga sekitar yang berada di lokasi pada radius 1-1,5 km mengatakan bahwa langit berwarna kemerahan, udah kayak mau kiamat. Apalagi selepas bunyi ledakan awal mula kebakaran. Dari jarak itu juga, panas semburan api masih sangat terasa menohok kulit. Pada gambar di samping terlihat langit memang berwarna merah (foto ini diambil dari radius 5km. Bisa dibayangkan bagaimana warna langit bakal lebih semerah apa di lokasi kejadian).

Dari bayangan asap tebal yang membumbung tinggi sampai memenuhi langit, menandakan benda yang terbakar sangat mengerikan. Wajar saja mengingat yang terbakar adalah kilang minyak persediaan BBM premium se-Jawa dan Bali untuk jatah waktu seminggu. Wajar pula reaksi warga di sekitar lokasi yang chos dan buru-buru pergi mengungsi. Situasi yang terjadi pada saat itu benar-benar kacau. Tabrakan ringan, warga yang terinjak, serta mobilitas massa disertai kepanikan yang luar biasa.

Pada gambar berikut ini (masih dengan Nokia 7610 jadul), dengan memainkan sedikit level gambar, didapat citra bayangan asap tebal dari kepulan api yang terpantul di genangan sawah ( iya, deket2 rumah saya masih ada sawah, lebih tepatnya kebun kangkung πŸ˜† ).

bayangan api di sawah

Pagi harinya, suasana masih hujan rintik-rintik sisa semalam, dinding rumah saya (masih numpang rumah sama ortu) di bagian depan berwarna kehitaman. Begitu pula dengan genangan air di jalanan, ternyata juga berwarna kehitaman. Ini terjadi di radius 5 km dari Depo Plumpang.

hitam

hitam2

Adapun gambar di bawah ini adalah foto yang diambil dari jarak 1 km ke Kilang minyak yang terbakar. Foto diambil menjelang pagi oleh rekan saya yang tinggal berjarak 1km dari lokasi kejadian. Walau api sudah mengecil, kita bisa melihat asap yang keluar sangat tebal.

1km

Yep, postingan ini memang mengungkap tragedi. Namun di balik tragedi ini, tersimpan penampakan yang cukup mengagumkan. Terkadang kita memang tidak mengerti apa yang hendak Dia sampaikan kepada kita melalui penampakan alam-Nya.

You might also enjoying this post.