Your Internet Equipment

Sunday 22 February 2009
Posted in: IT Anak Rumahan

Perlengkapan ketika berinternet adalah hal yang mutlak bagi seorang netter, surfer, blogger, atau wateva2 lainnya yang bersinggungan dengan dunia internet. Kita pasti butuh akun email, messenger, situs jejaring sosial dan sebagainya ketika asik tenggelam mengarungi dunia maya. Cari bahan tulisan atau artikel tertentu, kita pasti butuh search engine. Mau daftar layanan tertentu, pasti butuh email. Mau chat dengan teman maya atau teman di luar negeri sana, pasti kita butuh IM. Ingin melacak teman-teman di masa lalu (SD-SMP-SMA), pasti kita butuh situs jejaring sosial. So, what’s your internet equipment? Here’s mine

  • Penyedia Layanan Email: Yahoo
    Alasannya: Sudah make layanan ini dari dulu. Kelemahan iklan yang cukup banyak ketika membuka email dapat dipangkas menggunakan ekstensi adblockPlus di browser FireFox. Integrasinya dengan akun IM chat yahoo membuat yahoo selalu menjadi pilihan utama dalam fasilitas webmail.
    kompetitor: gmail, hotmail, plasa, etc
  • Internet Messenger: Pidgin.
    Alasannya: Jarang hang, bebas iklan dari Yahoo, multitab seperti firefox (tidak di jendela sendiri seperti YM), psychic mode (manteb buat ngagetin orang), fungsi automatis nyapa orang ketika online, dan opensource (yg biasanya handal dan gratis).
    kompetitor: Yahoo Messenger, Trillian, Ebuddy yg berbasis web, etc
  • Blogging Platform: WordPress.org.
    Alasannya: Powerfull dan Opensource. Mudah dimanage dan dikelola. Batu loncatan awal untuk memahami konsep hosting, FTP client, domain, dan CMS (sangat berguna buat mereka yang ingin mengenal dunia web developing).
    kompetitor: b2evolution, Blogspot, Nucleus, etc.
  • Social Networking: Facebook.
    Alasannya: Memberikan pengalaman baru dan berbeda untuk menarsiskan diri. Sangat berguna buat orang yang lari dari kenyataan hidup, takut akan kehidupan nyata, dan doyan terlihat keren di mata orang lain berkat keajaiban sotosop (beberapa orang menggunakannya untuk cari selingkuhan).
    kompetitor: friendster, Tagged, Flixster, etc. Di Indonesia ada Fupei dan Live Connector.
  • Online Image Storage: Photobucket
    Alasannya: Direct link location yg mudah dan berguna untuk menghemat space host dan bandwidth blog, album manajemen gambar dengan folder2, ada fasilitas simple image editing (resize, crop, etc) dan fasilitas pembuatan slide dengan efek-efek transisi yang keren.
    kompetitor: imageshack, etc
  • Translator: Google Translator.
    Alasannya: Saya baru nemu online translator multibahasa (support Indonesian) ini doang. Belum nemu yang lain.
    kompetitor: –
  • Kamus (in-eng & eng-in): Sederet.com.
    Alasannya: dari awal cuma tahu ini. Ternyata di Google translator juga ada kamus yah. Ada yang punya situs lain?
    kompetitor: google translator
  • Search Engine: google.
    Alasannya: Tak bisa dipungkiri mesin Yahudi ini memang alat yang sangat hebat. Kompetitor semacam yahoo atau MSN atau Cuil kurang terkenal di mata orang-orang untuk program pencarian halaman web.
    kompetitor: MSN, Yahoo, Cuil, etc
  • Microblogging Platform: (none).
    Alasannya: orang rame-rame make Plurk dan Twitter, tapi saya sendiri masih kerepotan mengurus satu blog ini saja. Layanan ini sangat beracun dan berbahaya. Blogger senior seperti Priyadi saja bisa retire dari dunia perbloggeran gara-gara kena racunnya Plurk (husysss ngaco).
    kompetitor: Twitter, Plurk
  • Sites Stats Counter: histats.com.
    Layoutnya lebih interaktif dari google analytics yang membosankan, namun tetap dengan fungsi-fungsi yang gak kalah powerfull).
    kompetitor: Google Analytics, Sitemeter, etc
  • Video Broadcast: Youtube.com.
    Sangat populer, wajar hampir tiap orang terkena racunnya ber-narsis ria lewat video yang direkam pake ponsel atau handycam.
    kompetitor: Metacafe, etc
  • Browser: Mozilla Firefox
    Alasannya: Layout web yang terlihat sempurna, cepat dan ringan, serta ekstensionnya yang bejibun (adblockplus buat ngeblok iklan, foxmark buat menyimpan bookmark situs-situs keren online sehingga bisa dibuka di mana aja dengan Firefox, validator CSS dan HTML yang sangat berguna buat webdesigner, dan proxy changer buat mendownload dari rapidshare secara continue)
    kompetitor: Safari, Opera, Chrome, etc
  • RSS Feed reader: Google reader
    Alasannya: Belum pernah nyoba RSS reader yang lain selain ini.
    kompetitor: yahoo, etc

Silakan kalo ada yang mau nambahin

You might also enjoying this post.