Mowes Portable

Tuesday 7 April 2009
Posted in: IT Anak Rumahan

mowesHasil diskusi sama orang2 edan di forum kaskus, webserver apa yang light banget dan bisa jalan di PII 233Mhz dengan memory 128mb. Ini semua gara-gara komputer jadul yang harus bisa saya resapi dan terima apa adanya. Dapet info dari bro kecoak yang menyarankan untuk mencoba Mowes Portable, dan akhirnya segera menuju TKP. Biasanya para webmaster menggunakan XAMPP atau Apserv buat ngejalanin website berbasis PHP dan SQL secara offline di rumah. Tapi konsep yang diusung Mowes ini gak kalah edan;

  • Mendukung OS mulai dari Win98 sampai ke Vista.
  • Gak musti diinstall (portable) di komputer kita.
  • Light banget (smooth dijalankan berbarengan dengan Macromedia Dreamweaver MX, Adobe Photoshop 6, dan Firefox 2.0.14) di komputer PII 233Mhz dengan memory 128mb.
  • Dapat langsung diembed dengan script CMS semacam Joomla dan WordPress (dan script2 semacamnya yg membutuhkan php dan sql database)

Pas pertama kali mengetik localhost, kita gak bakalan menemukan PHPmyadmin untuk membuat database baru. Setelah menggeledah isi folder, didapat file dengan nama sql.exe. Sepertinya membuat database musti dengan command prompt -musti ngulik lagi soal ini, dah terbiasa GUI mode: ON).

Baguslah opsi download Mowes ini bisa sekalian diembed sama engine WordPress, bisa langsung instant ngoprek2 themes. Yang agak bingung pas pertama kali menjalankan WordPress, apa nama username dan passwordnya, dicari-cari di manualnya nggak ketemu. Balik lagi ke TKP dan nemu di forum mereka, user namenya admin dengan password: password.

Mudah2an review asal2an ini berguna.

You might also enjoying this post.