Konsep Dagang yang Cukup Aneh

Wednesday 17 June 2009
Posted in: Did I Have a Story?

Penyedia layanan internet Sp33dy marah-marah karena pelanggan mereka banyak yang membuka berbagai content web dari luar, ketimbang dari dalam negeri. Mereka beralasan, hal ini membuat server bekerja terlalu keras dan menghabiskan banyak bandwidth perusahaan. Logikanya, daripada jauh-jauh belanja korma di Arab, mending langsung beli di Tanah Abang. Pihak Sp33dy menuding balik pelanggan bahwa kecepatan internet yang buruk disebabkan ulah dari user itu sendiri (cek TKP langsung di sini (versi detik).

Kalau dipikir-pikir, lama-lama aneh juga. Sudah jelas mereka membuka layanan Internet, bukan Lokalnet. Apa tidak ada tercetus ide sedikitpun buat persiapan untuk infrastrukturnya? Lagian memang mayoritas content internet ada di luar negeri, seperti blogspot.com, wordpress.com, multiply.com, yahoo.com, youtube.com, gmail.com, rapidshare.com, etc (bersyukur ada lokal online storage semacam indowebster atau forum kaskus yg mesinnya ada di sini).

Satu lagi perusahaan yang punya konsep aneh, P3rtamin4. Dengan jargon “Pasti (nge)Pas” mengindikasikan adanya 1 liter yang tidak pas. Seharusnya jual seliter ya dikasih seliter lha, tanpa perlu embel-embel “Pasti (nge)Pas” sekalipun. Logikanya, jika ada pom bensin yang berlabel “pas” maka takarannya pas, sebaliknya jika ada pom bensin yang gak ada lapel “pas”, takarannya nggak pas.

PS:
*) Sengaja ambil sampel korma, biar berbau arab (anti neo-kapitalisme) :hammer:
*) Kedua perusahaan itu terlebih dahulu monopoli infrastruktur lho… ck ck ck
*) Saya nulis Sp33dy yah, bukan Speedy. Jangan sampe ada Ibu Prita baru
*) Begitupun dengan P3rtamin4, bukan Pertamina

You might also enjoying this post.