Tidak Memakai Windows, Uang Anda Kembali.

Thursday 12 November 2009
Posted in: Did I Have a Story?

Seseorang bernama Graeme Cobbett melakukan komplain kepada Microsoft. Dia meminta uang kembali kepada perusahaan atas lisensi sistem operasi Windows Vista yang tidak terpakai di notebook yang baru ia beli (satu paket terbundled di dalam). Sebagaimana kita ketahui sekarang ini, banyak laptop yang dijual rata-rata sudah dilengkapi dengan sistem operasi Windows. Graeme lebih memilih untuk memasang Linux Mint di laptopnya.

Dia menulis komplain kepada Dell (sebagai produsen laptop yang ia beli). “I do not agree to the terms of the Dell Software Licensing Agreement or the Microsoft Windows End User License Agreement.”. Setelah saling berkirim email selama 12 kali dan melalui negosiasi yg cukup panjang, akhirnya Graeme mendapatkan uang kembalinya. Total ia mendapat $112 setelah potong pajak.

Di sini ada beberapa pelajaran. Kemungkinan uang refund bukan dari Microsoft, tapi dari pihak Dell sendiri (mungkin MoU awal yg tidak mengatur soal ini). Bagi produsen laptop, kejadian ini akan membuat mereka bernegosiasi ulang dengan Microsoft soal OS bundled ini. Tapi paling tidak, kasus ini sedikit mengendurkan upaya2 monopoli penjualan sistem operasi di pasar komputer.

PS:

  • Postingan ini disadur dari blog Linux Mint, yg salah seorang foundernya dikirimi curhatan pengguna Linux Mint. Dia akhirnya menyumbangkan semua uang refund tersebut ($118) kepada Linux Mint. Judul aslinya malah lebih kontroversial, Windows License Refund donated to Linux Mint
  • Sayang sekali saya punya laptop kosong. Pengen coba-coba komplain juga, siapa tahu bisa jadi seleb instant di dunia maya 😆 .
  • Di sana regulasinya mungkin berbeda ketimbang di sini (yg masih banyak bajaken, jadi penjualan laptop dikasih OS kosong). Pembeli dipersilakan memasang OS bajakannya sendiri (mau Vista, XP, atau yg terbaru Seven), dan memang harganya lebih murah.

You might also enjoying this post.