Di Mana Posisi GNU?

Monday 21 December 2009
Posted in: IT Anak Rumahan

gnuJika orang bertanya, di mana posisi GNU dalam berbagai rilis distro? Ketika orang ramai-ramai meremehkan posisi GNU dalam sistem distro Linux. Apa kontribusi GNU selain compiler classic mereka (gcc) pada berbagai distro Linux? Firefox dibuat oleh Mozilla Foundatrion, OpenOffice dibuat oleh Novel Netware, Ubuntu dikembangkan oleh Canonical, dan lain sebagainya. Anggapan ini sungguh salah besar.

GNU melalui Free Software Foundation (FSF.org) adalah fondasi dari mekanisme pelampiran source code dari berbagai rilis software. Proyek GNU dimulai sebelum ada kernel, sebelum akhirnya Linus Torvalds memutuskan untuk merilis source code kernel Linux. Kalau tidak ada proyek FSF, tidak akan ada lisensi GPL, tidak akan ada kernel, dan otomatis tidak akan pernah ada distro.

Karena ada teori revolusioner mereka, lisensi GPL akhirnya diterapkan di hampir seluruh perilisan software non-propriarti. Ibarat efek beruntun, karena sifatnya yang terlampir. Siapapun bisa memodifikasi agar sesuai dan menjadi lebih baik. Untuk memberikan penghargaan pada GNU, penyebutan Linux sering ditambahkan kata “GNU” dan “/” di depannya menjadi GNU/Linux.

Well, proyek GNU (dirintis oleh Stallman) adalah fondasi bagi Anda peminat gerakan free software. Dia adalah seorang tokoh revolusioner yang membuat arah baru dalam pergerakan software. Dimusuhi banyak orang, MAC + Windows sebagai penguasa software sistem operasi propriarti, produsen hardware yang telah dilobi oleh pihak monopoli OS, dan terakhir dikhianati oleh rekan seperjuangannya sendiri (opensource).

You might also enjoying this post.