Mengganti Pencarian OpenDNS di Firefox

Saturday 2 January 2010
Posted in: IT Anak Rumahan

Biasanya ketika saya mau mencari sesuatu di Google, saya tidak perlu repot-repot buka Google. Tinggal mengetik sesuatu yang ingin saya cari di address bar Internet Explorer Mozilla Firefox, kemudian menekan tombol [Enter]. Selanjutnya, biasanya akan muncul hasil halaman pencarian dari Google.

address-bar

Barusan saya coba melakukan pencarian dengan metode (norak) di atas yang biasa saya lakukan tadi. Wow, ternyata saya dibawa pada hasil pencarian halaman OpenDNS. Pantes loadnya lama banget, dan hasil pencariannya tidak memuaskan (mungkin karena saya terbiasa menggunakan Google, dan sepertinya sebagian besar orang menggunakannya).

openDNS

Setelah Googling sebentar, ternyata saya menemukan caranya untuk mengembalikannya ke pencarian Google seperti semula. Ketik “about:config” (tanpa tanda kutip) di address bar Mozilla Firefox. Selanjutnya akan muncul notifikasi yang memberikan peringatan berhati-hati menggunakannya. Klik “I’ll be careful, I promise!” untuk melanjutkan. Setelah itu akan muncul halaman konfigurasi Firefox.

config

Pada kolom filter, ketikkan “keyword”. Selanjutnya akan muncul dua entry. Pada entry keyword.URL, klik dua kali untuk mengubah value-nya menjadi http://www.google.com/search?btnI=I%27m+Feeling+Lucky&q=

Selain itu, pastikan pada entry keyword.enabled di-set valuenya menjadi “true”

You might also enjoying this post.