Menipu Facebook

Friday 22 January 2010
Posted in: IT Anak Rumahan

Kira-kira hampir dua bulan ini saya tidak bisa mengakses m.facebook.com lewat Firefox 3.5.5 di Jaunty (Linux Ubuntu). Penasaran apakah konfigurasi distro saya yang bermasalah, saya mencoba dengan berbagai Live CD distro Linux terbaru. Hal yang sama terjadi pula di Fedora 12, openSUSE 11.12, dan Mepis 8.0. Facebook Mobile (m.facebook.com) tetap tidak bisa diakses via Firefox di sistem operasi Linux. Barusan saya coba kembali dengan Karmic 9.10, firefox tetap tidak bisa mengakses m.facebook.com 🙁 . Adapun pesan eror yang saya alami, halaman m.facebook.com menampilkan menu pop-up untuk menyimpan berkas xml (sebagaimana skrinsyut di bawah)

facebook-eror

Akhirnya, dengan sangat terpaksa saya mendownload browser Opera di ubuntu saya, demi memuaskan rasa penasaran. Hehe, terus terang saya kurang suka dengan Opera karena sifatnya yang propriarti (closed source), meski gratis. Setelah dipasang, simsalabim ternyata Opera tidak mengalami masalah ketika membuka m.facebook di linux. Di sini saya mulai mengira kalau permasalahan terletak pada browser yang saya gunakan, bukan pada sistem operasi.

Kemudian saya beralih ke Sistem Operasi Windows dah mencoba membuka m.facebook dengan Firefox 3.5.7, simsalabim ternyata Firefox dapat mengakses m.facebook.com. Hasil yang sama ketika saya buka dengan Opera 10, facebook mobile bisa diakses di Windows dengan browser Opera. Anomali di Windows hanya terjadi pada browser Firefox 2 dan Microsoft Internet Explorer 6.

Ada beberapa kesimpulan

  • Mengapa Firefox di Windows bisa membuka m.facebook.com, sementara ketika di Linux tidak bisa.
  • Mengapa Opera tetap bisa mengakses m.facebook, baik itu di Windows maupun Linux.
  • Browser lawas semisal Firefox 2 dan Internet Explorer 6 tetap tidak bisa mengakses m.facebook di Windows.

Sempat googling dan belum mendapatkan jawaban yang memuaskan, solusi sementara ketika berselancar dengan Firefox di Linux ketika membuka m.facebook.com, saya gunakan add-ons User Agent Switcher. Selanjutnya samarkan Firefox saya dengan identitas browser Internet Explorer 8 dengan Sistem Operasi Microsoft Windows. Simsalabim, saya berhasil menipu Facebook dan berhasil mengakses m.facebook.com. Ini berarti, saya punya dugaan browser sniffing dari Facebook menerapkan filter khusus kepada browser Firefox dengan sistem operasi Linux.

Wow wow, teori konspirasi yg hebat kan 😀

You might also enjoying this post.