Modus Baru Penyebaran Virus

Monday 6 September 2010
Posted in: IT Anak Rumahan

virusBagi para maniak download, Internet merupakan surganya file-file gratis dan bajakan. Di samping itu, mereka umumnya juga menyadari bahwa Internet merupakan surganya para virus yang siap diunduh kapan saja oleh user yang ceroboh. Untuk mengantisipasi itu, user biasanya memasang AntiVirus, AntiSpyware, AntiTrojan,  AntiWorm dan anti-anti lainnya dalam komputer mereka sehingga bisa memonitor file-file apa yang mereka download.

Namun ada satu lagi modus baru dalam menyebarkan virus. Tidak secara sederhana menyamarkan file virus yang dipersilakan untuk didownload. Kejadian ini saya alami ketika mendownload sebuah film dari internet. File film umumnya menggunakan format *.mov atau *.mp4 yang keliatannya lebih aman ketimbang file yang umumnya digunakan oleh virus seperti *.exe, *.VBS, *.SHS, atau *.PIF.

Ketika file film telah selesai didownload (dengan ekstensi file *.avi sebesar 700MB), saya langsung mencoba memutar film tersebut. Dan inilah tampilan film yang saya download;

mplayer

Tampilan film download yang saya putar hanya menampilkan sedikit adegan dalam film. Selanjutnya, ada tulisan yang menunjukkan bahwa file tersebut tidak bisa dimainkan dengan player biasa. Kita disuruh mendownload X3Player di situs get.x3player.com agar bisa memainkan file tersebut.

Kita tentunya akan tergesa-gesa dan langsung mendownload player tersebut, mengingat besarnya file yang sudah susah payah kita download. Hasil penyelidikan melalui Google menunjukkan bahwa X3Player merupakan program executable yang ketika diinstal di komputer, akan menyebarkan virus dalam OS Windows Anda. Di sinilah modus baru penyebaran virus baru dimulai, melalui tipuan bahwa seolah-olah kita membutuhkan file tertentu untuk bisa memainkan file yang kita download  😯 .

You might also enjoying this post.