Memasang Google Maps di WordPress

Thursday 28 October 2010
Posted in: IT Anak Rumahan

google-maps-logoHampir tiap orang yang berkecimpung di dunia internet mengenal layanan peta bumi gratis dari Google, yakni Google Maps. Untuk menggunakan layanan berbasis browser ini, dapat langsung mengunjungi situs http://maps.google.com/. Berbasis browser berarti layanan Google Maps dapat diakses dari PC dengan sistem operasi apapun selama ia memiliki web browser yang mendukung, seperti Mozilla Firefox, Opera, Safari, Flock, dan browser dari Google sendiri, Chrome.

Untuk memanfaatkan layanan ini sangat mudah. Tinggal berikan kordinat posisi peta yang diinginkan kepada teman atau relasi yang ingin berkunjung, ia dapat langsung melihat visualisasi sendiri. Anda juga dapat memasang posisi Anda di Google Maps ke situs pribadi atau perusahaan Anda. Berikut ini saya akan menjabarkan cara-cara memasang peta dari Google Maps ke WordPress.

  1. Pertama, bukalah dulu situs http://maps.google.com
  2. Anda harus mencari posisi Anda terlebih dahulu
    google-maps
  3. Setelah menemukan lokasi, pilih mode peta yang ingin digunakan
    select-type
    disini ada bermacam tampilan yang dapat digunakan.
  4. Klik “link” di pojok kanan atas peta yang ditampilkan Google Maps (jika menggunakan ekstension Adblock Plus, menu bar link ini mungkin tidak akan kelihatan. Matikan terlebih dahulu)
    code
    Di sini akan muncul menu pull-down yang akan menampilkan baris code yang akan kita gunakan untuk memasang peta yang telah kita cari di situs WordPress kita. Pilih kode pada kolom yang ke-2 (Paste HTML to embed in website).

Sampai sini kita telah mendapatkan baris kode peta yang menunjukkan arah tempat yang kita pilih. Untuk selanjutnya, kita akan memasang kode tersebut di situs WordPress kita.

  1. Buat tulisan (write post) atau halaman (write page) baru pada dashboard situs WordPress kita.
    blah-blah
  2. Kemudian pada editor halaman untuk menulis, gunakan mode HTML.
    html
  3. Paste kode yang kita peroleh dari Google Maps pada area untuk menulis pada mode HTML.
    paste
  4. Selanjutnya terbitkan tulisan (publish) dan cek tampilan halaman atau post yang Anda buat (preview) :mrgreen:

Kode ini bisa digunakan tidak hanya pada situs WordPress saja, namun pada halaman HTML situs lainnya. Di bawah ini contoh peta yang dipasang di WordPress. Selamat mencoba.

View Larger Map

You might also enjoying this post.