Konten Lokal, the Power Of

Wednesday 24 November 2010
Posted in: IT Anak Rumahan, Serius (Terlalu!)

Data dari internetworldstats.com menunjukkan bahwa jumlah pengguna Internet di Indonesia dewasa ini mencapai 30 juta pengguna, menduduki peringkat ke 5 di asia (12.3%). Urutan pertama di asia dimiliki oleh China, dengan total pengguna sekitar 420 juta orang (31.6%).

stats-asia


Dari keseluruhan data pengguna akses internet tersebut, 10 situs yang sering dibuka (menurut statistik alexa.com) masyarakat Indonesia adalah:

  1. Facebook (facebook.com)
  2. Google (google.co.id)
  3. Google Internasional (google.com)
  4. Yahoo (yahoo.com)
  5. Blogger dari Blogspot (blogspot.com)
  6. Kaskus Forum (kaskus.us)
  7. Youtube (youtube.com)
  8. Blog WordPress (wordpress.com)
  9. Portal Berita Detik (detik.com)
  10. File sharing 4shared (4shared.com)

Dari list tersebut, hanya ada 2 situs konten lokal di antara 8 situs lainnya (kaskus:peringkat ke-6 dan detik:peringkat ke-9). Ini berarti, konten yang masih berjaya di Indonesia adalah konten yang ada di luar negeri. Karena konten dari luar, otomatis file2 konten di-host di storage server luar negeri, otomatis akses internet menjadi lebih lambat, sering nge-lag, dan tidak stabil. Ini karena masih mahalnya harga bandwidth internasional di Indonesia.

Untuk perbandingan, di China 8 situs dari 10 situs yang ada di negaranya adalah konten lokal. Mereka tidak tergantung layanan nge-blog dari blogspot, layanan email dari Yahoo atau Google, video streaming dari Youtube, dan sebagainya. Mereka memiliki layanan sendiri dan secara efektif digunakan oleh masyarakat di negara China itu sendiri. Di Indonesia, ada beberapa situs penyedia konten lokal yang saat ini cukup dikenal, seperti;

  • Webmail –> Plasa Mail (plasa.com/mail)
  • Social Network –> indogoo.com, dan kombes.com.
  • Blogging –> dagdigdug.com
  • Forum & Komunitas –> kaskus.us
  • File Sharing –> Indowebster.com; kitaupload.com; maknyos.com; laciku.com, dll.
  • Video Sharing –> layartancap.com, beoscope.com, bimove.com.

Oleh karenanya kini para developer web dari Indonesia sedang berlomba-lomba menyiapkan konten lokal agar memudahkan masyarakat Indonesia mengakses informasi dari Internet. Apa saja manfaat menggunakan konten Lokal?

  1. Akses jauh lebih cepat
    Waktu akses menuju website konten lokal akan lebih cepat karena jarak lokasi komputer klien ke server lebih dekat. Belum lagi bandwith indonesia yang pasti akan dimaksimalkan oleh provider internet.
  2. Mengurangi pengangguran
    Jika para pengusaha konten lokal sudah besar setingkat PT, tentunya mereka akan merekrut karyawan dari Indonesia. Contoh konkret dewasa ini semisal detik.com atau kaskus.us.
  3. Menambah Devisa Negara
    Perusahaan Indonesia pasti membayar pajak dari pendapatannya ke negara, sedangkan perusahaan dengan konten dari luar negeri seperti Facebook dan Google tidak membayar pajak.
  4. Biaya akses internet, hosting file-file web, dan sewa server akan lebih murah.
    Jika tiap developer memasang websitenya di server lokal, tentunya ini akan membuka kemungkinan Google atau Yahoo membuka server di Indonesia. Untuk poin ini hambatan utama biasanya karena developer web lebih memilih menggunakan hosting luar karena harganya lebih murah, sementara di Indonesia masih Mahal. Selain itu, adanya keluhan kalau hosting Indonesia susah di crawl oleh google dan yahoo. Kedua hambatan tersebut terkait dengan harga bandwidth international yang masih mahal, rata-rata provider hosting (shared hosting) men-share 1 atau 2 mbps untuk sekitar 10-20 server. Dan di dalam server itu sendiri kira-kira ada 200-1000 domain.
    Namun, jika hal tersebut tetap menjadi hambatan, tentunya permasalahan konten lokal tetap tidak bisa terselesaikan.

Saya bukan web programer, anak IT, atau orang yang berkecimpung di bidang tersebut. Saya hanya user yang ingin content lokal kita menjadi raja di negeri sendiri. Dengan demikian, segala aktivitas masyarakat Indonesia yang berhubungan dengan internet akan menjadi mudah dan murah. Kalau ketergantungan terhadap konten luar negeri sudah hilang, harga jasa internet Indonesia akan Murah.

Postingan ini merupaka sounding ulang tulisan dari bro brainway (ID), salah seorang member kaskus.us. Untuk melihat postingan asli yang bersangkutan, bisa kunjungi tautan link ini

You might also enjoying this post.