Trio Edubook Review

Tuesday 28 December 2010
Posted in: IT Anak Rumahan

geckoSetelah sekian lama mengoprek-oprek banda ini dengan segala suka dukanya 😯 , saya merasa perlu membagi-bagikan sedikit review saya mengenai netbook Trio Edubook (di luar dikenal dengan nama Gecko Edubook). Netbook murah dengan tenaga batere jam dinding sebanyak 8 buah. Mengusung konsep device on chip, yang diklaim mudah untuk diupgrade komponen-komponen di dalamnya.

Advantages

  • Netbook dengan tenaga baterai AA (yap AA, biasa dipakai di jam dinding :mrgreen: ) rechargeable sebanyak 8 buah. Anda tidak akan dipusingkan dengan persoalan batre soak seiring dengan menurunnya kinerja baterai. Anda dapat menggantinya menggunakan baterai AA lain jika daya tahan baterai sudah melemah.
  • Compact, tidak membutuhkan adaptor untuk mengisi ulang tenaga penyimpanannya. Dengan ukuran layar 8’9 inci, Gecko sangat compat sehingga sangat pas untuk Anda yang mobile tanpa perlu direpotkan dengan gadget netbook yang berat dengan pernak-pernik adaptornya.
  • Penggunaan watt yang sangat sedikit (CPU tanpa fan) sehingga laptop ini dapat bertahan selama 3 jam 30 menit (tested by me). Body belakang dari netbook ini berfungsi sebagai pendingin pasif (heatsync) yang menghantarkan panas keluar.
  • Anda dapat mendesain sendiri cover depan netbook Anda. Cover seukuran 609PX x 360PX dapat diganti-ganti sesuka hati.

Disadvantages

  • Kompensasi penggunaan prosesor dari Xcore86 yg tidak memiliki fasilitas GPU, tenaga yang dimiliki oleh prosesor ini tidak begitu baik. Ia tidak dapat merender film dari Youtube (browser). Namun, gecko dapat menjalankan file tersebut dengan baik jika didownload terlebih dahulu pada harddisk lokal.
  • Gecko sepertinya bermasalah dengan port USB. Karena watt tiap port USB sangat kecil, penggunaan USB devices akan menjadi masalah. Mouse USB berhenti bergerak ketika USB cable modem dicolokkan juga (Motorola SurfBoard -tested by me). Untuk USB storage removable devices (flashdisk), Gecko tidak memiliki masalah sama sekali.
  • Wireless devices memiliki daya tangkap sinyal yang lemah. Di saat laptop lain mendapat sinyal 1bar, Gecko tidak mendeteksi adanya sinyal sama sekali. Di samping itu, jika fungsi wireless diaktifkan untuk berselancar di internet, daya tahan batere Gecko langsung nge-drop (1.5 jam).
  • Touchpad terlalu sensitif. Jika sedang mengetik, kursor sering berpindah ke area lain karena tidak sengaja tersentuh oleh tangan. Tidak ada fungsi tombol hardware untuk mematikan device ini, dan saya belum menemukan cara yang pas untuk mematikan fungsi tochpad sementara lewat software. Saya menambal pad Gecko dengan sticker untuk mengurangi kesensitifan respons dari touchpad.
  • Kapasitas penyimpanan hanya sebesar 8GB menggunakan memory tipe MMC. Masih ada 1 slot kosong yang tersedia untuk keperluan upgrade kapasitas. Dengan sistem operasi wattOS (ubunttu variant) yang sudah terinstal di dalamnya, space kosong yang tersedia tinggal 4GB kurang.
  • Body belakang Gecko akan sangat panas jika sedang di-charge. Tidak disarankan untuk dipangku jika sedang dicolok ke listrik.

Summary
Netbook ini diklaim kompatibel dengan Windows XP namun tidak saya sarankan untuk menggunakan OS ini karena performanya sangat buruk ❗ . Bukan karena ukuran RAM yang kecil (512mb), tapi rata-rata transfer data dari drive MMC sangat memberatkan Windows XP yang lebih menekankan pemaksimalan hardware penyimpanan ketimbang hardware memori. Startup Windows XP SP3 bisa memakan waktu 2 menit (tested by me), instal bersih tanpa AntiVirus.

Sistem operasi bawaan netbook ini adalah wattOS, OS turunan Ubuntu yang diracik sedemikian rupa hingga dalam penggunannya dapat menghemat listrik. Meski kecepatan prosesor tidak begitu baik, Gecko edubook masih memadai untuk penggunaan standar, seperti mengetik, memutar file multimedia, presentasi, dan browsing ke internet.

Detail Spesification

Processor Xcore86 1 Ghz
Motherboard Chipset Device On Chip
Memory 512MB DDR2
Layar 8.9′ WSVGA 1024 x 600
Multimedia VGA Device On Chip 64MB, integrated sound, no webcam
Daya AA-Rechargeable 8 Pcs
Input Keyboard + Touchpad
Storage Drive 8GB SD-CARD
Port 3xUSB external; 1xUSB internal; extra MMC slot, VGA Out; audio line out, microphone
Konektivity WiFi, LAN

You might also enjoying this post.