Tentang Konsumsi Daya di Ubuntu

Monday 14 March 2011
Posted in: Share

ubuntu-logoDari thread ini di kaskus, saya mendapatkan perbincangan yang menarik. Sepertinya sudah menjadi rahasia umum di kalangan linuxer kalau Ubuntu itu sangat rakus daya batere, saya sendiri juga pernah mengalaminya. Dari hasil pengujian di website ini diperlihatkan bahwa Ubuntu kalah telak dengan Windows 7. Tidak hanya kalah lawan Windows 7, Ubuntu juga kalah telak dengan MacOS.

Klo OS gak didesain bareng sama GUInya ya gini akibatnya. Tambal sulam…” (comment by when2)

boros artinya coding gak efisien ” (comment by mnemonix)

Tulisan ini mungkin bisa memberikan penjelasan mengapa Ubuntu bisa sangat rakus baterai. Hasil test kecepatan OS sebagai workstation, pada pengujian antara windows 7 dan Ubuntu 10.04 LTS menghasilkan skor 3 :6 (Ubuntu menang dari Windows). Dari 9 pengujian, Ubuntu unggul di 6 test dan kalah di 3 test.

Lantas apakah karena menang performa dibanding Windows, maka Ubuntu jadi lebih boros batere? Saya lebih suka pendapat dari salah seorang kaskuser berikut:

“Ubuntu atau GNU/Linux bisa dibilang boros batere terutama karena drivernya, maklum hasil reverse engeenering (nebak-nebak sendiri tanpa dikasih tau spesifikasi jeroannya)…”

“… dan menurut gue itu hebat. Bayangkan, tanpa secuilpun bantuan vendor hardware kalangan open source dapat membuat driver buat hampir seluruh hardware yang beredar.

Windows malah lebih acakadut, hanya saja dukungan vendor hardware-nya memang seratus persen. Kalau driver buatan mereka sendiri sih malah lebih parah.

Apple nggak usah diomong, lah dia yang bikin hardwarenya sendiri, coba MACOSX dijalanin di hardware selain buatan apple… Hackintos hacker tuh tahu banyak gimana ancurnya MAC…” (comment by jalmageloo… )

Dari hasil test di website phoronix juga terlihat perubahan performa batere yang signifikan jika Ubuntu menggunakan driver propriarti bawaan NVidia. Penggunaan driver propriarti NVidia membuat Ubuntu jadi lebih irit batere, mendekati Windows 7.

Kesimpulannya?

“karena itulah open source OS perlu open source hardware. open source CPU, GPU, etc etc” (comment by mnemonix)

“People who are really serious about software should make their own hardware.” (Alan Kay comment’s, cited by freazy)

You might also enjoying this post.