Layanan Domain Gratis dan Memuaskan

Thursday 26 May 2011
Posted in: IT Anak Rumahan, Share

Yang gratisan seringkali jadi momok di negeri ini. Misal, bahasa marketing provider telp GSM yang mengatakan GRATIS NELPON, tanpa memberi tahu syarat sebelumnya apa pada pelanggannya. Contoh lain berupa jebakan, seperti GRATIS SATU SET HOME THEATER, setelah pembelian barang lain sebesar nominal xxx.

Memuaskan (pada judul post) di sini memang sangat-sangat relatif. Tapi jika Anda hanya membutuhkan domain buat profil atau penggunaan pribadi, tanpa memperdulikan traffic atau SEO segala macam, maka domain gratis dari CO.TV sangat tepat untuk Anda. Bukan bermaksud promosi, tapi ini berdasarkan pengalaman saya sendiri. Persoalan traffic di sini bukan berarti tidak bisa ditingkatkan, tapi berhubung ini layanan free domain, dimana TOS-nya sifatnya sepihak, lebih baik jangan berharap memiliki 100% layanan domain ini.

Pengalaman saya sebelumnya sewaktu membangun situs komunitas pencinta sepeda motor Bajaj (bajaj-cobra.co.tv). Domain gratisan dikombinasikan dengan hosting gratisan merupakan pasangan tandem yang sangat ideal 😳 . Namun kendala sering ditemui bagi para penikmat layanan hosting gratis.

Untuk persoalan hosting, yang bayar saja bisa lebih parah daripada yang gratisan (oversell). Karenanya, saya terpikir untuk menggunakan blogspot dengan domain kustom dari CO.TV. Hosting blogspot bisa dibilang setara dengan layanan shared berbayar, jauh lebih baik pula dibanding yang gratisan.

Setelah dikonfigurasi, ternyata CO.TV tidak bisa mengarahkan domain tanpa awalan www didepannya untuk kustom domain blogger. Berbeda dengan domain gratis lain seperti CO.CC yang langsung mengarahkan domain tanpa awalan www ke situs kita. Singkatnya, situs saya tidak bisa diakses jika url tidak diketik menggunakan awalan www di browser.

Segera saya hubungi pihak CO.TV melalui formulir kontak. Di situ dijelaskan bahwa pesan akan dibalas dalam jangka waktu 24 jam. Saya jelaskan persoalan saya, dan meminta agar CO.TV dapat mengarahkan domain tanpa awalan www ke domain utama langsung.

contact-cotv

Memang tidak langsung 24 jam dibalas, tapi akhirnya permintaan saya dipenuhi. Sebuah email manis berisi jawaban pengabulan permintaan saya dari CO.TV. Cukup membuat saya terpukau karena layanan ini sifatnya gratis, sangat “hangat” dan “bersahabat”.

reply-cotv

You might also enjoying this post.