Themes Redesign (1)

Sunday 29 May 2011
Posted in: IT Anak Rumahan

Themes redesign. Yap. Setelah pindah hosting ke tempat baru, dan sepertinya masih cukup reliable, akhirnya saya menyempatkan diri untuk merombak total blog saya. Akses yang lebih baik membuat saya ingin lebih meng-explore blog ber-platform WordPress ini.

Perubahan utama adalah akses pertama kali datang ketika pengunjung membuka link utchanovsky.com. Menggunakan custom page template, halaman awal akan memberikan pengantar pada pengunjung untuk menuju segmen-segmen khusus dalam blog ini. Tentunya lebih ringan karena tidak begitu banyak query ke database, selain recent post berupa newsticker di area bar bagian bawah.

front

Caranya, buat halaman baru dan simpan dengan nama apa saja di folder themes, semisal front-index.php. Tambahkan code berikut di baris paling atas. Untuk baris Template Name pada kode di atas, bisa diganti sesuai keinginan Anda.

[cc lang=”php”]

[/cc]

page-template

Isi selanjutnya dari halaman kreasi baru Anda adalah html+CSS kreasi Anda sendiri. Anda bahkan dapat meng-hardcode isi post (text+gambar) langsung pada themes Anda, seperti bagian about blog ini. Setelah page template sudah jadi, buat halaman baru dari dashboard WordPress, dan pilih page template kreasi Anda.

Bacaan lebih lanjut di sini, atau di WordPress codex

bersambung…

You might also enjoying this post.