Tujuh Dosa Windows: 4. Monopoli

Posted on Tuesday 31 May 2011 | By

Microsoft secara jelas bersalah atas kegiatan monopoli di seluruh dunia. Sebagai contoh, dengan adanya Windows Vista, Microsoft bekerja dengan para pengembang hardware untuk meningkatkan secara signifikan spesifikasi komputer agar penggunanya bisa menggunakannya. Otomatis tiap orang membutuhkan komputer baru untuk menjalankan OS terbaru tersebut. Atas dasar itulah, para produsen hardware dipaksa untuk menyediakan hardware dengan spesifikasi “Vista Ready”.

Monopoli tidak hanya terbatas pada pengarahan ke produk-produk Microsoft. Banyak penyedia komputer menyediakan komputer yang dijual dengan sistem operasi Windows di dalamnya, dibarengi dengan berbagai software propriarti (kode pengembangan tertutup) dengan sifat trial (antivirus trial, office trial, dsb). Ini tentu karena adanya kesepakatan dengan berbagai pengembang software propriarti.

jesus

“I'm sorry, Mr. Christ. You're only licensed for five loaves of bread and two fish.”

Menggunakan Free software Anda tidak akan dihadapkan dengan masalah ini. Tidak boleh ada monopoli dalam software karena tiap orang memiliki kode pengembangan dan bebas memodifikasi dan mendistribusikannya. Ada banyak pilihan sistem operasi sesuai dengan spesifikasi komputer dan kebutuhan Anda.

Advertisement

Share this post

You might also enjoying this post.

Leave a Reply