Developer PCLinuxOS Curhat

Tuesday 14 June 2011
Posted in: Did I Have a Story?

Entah ini ada kaitannya dengan kasus “sistem operasi” GarudaONE yang kemarin saya bahas atau nggak. Baru-baru ini salah seorang kaskuser (pengguna forum kaskus) menjadi sasaran curcol (curhat colongan) Bill Reynolds. Mulanya kaskuser tersebut hanya bertanya kepada Bill mengenai jadwal rilis PCLinuxOS 2011 yang belum kelihatan tanda-tandanya.

Tanpa diduga jawaban Bill cukup pedas dan menunjukkan keberangan.

bill-reynolds

“Cuz there are these guys in Indonesian rebranding my work and SELLING it for profit and putting the money in their pocket!” (Karena ada orang-orang Indonesia yang mem-brand ulang kerjaan saya dan menjualnya untuk kepentingan profit dan menyimpan uangnya di kantong mereka sendiri).

Bukan menuduh yang bukan-bukan. Hasil riset menunjukkan bahwa GarudaONE = Perisaianak = PCLinux3D = Revolinux berasal dari developer yang sama dan semuanya berbasis PCLinuxOS. Lisensi GPL dalam berbagai software kode sumber terlampir memang memperbolehkan tiap orang memodifikasi software tersebut sesuai dengan kepentingan dan kemauannya sendiri, tapi bukan berarti melegalkan penjualan remaster distro, terlebih jika distro tersebut memiliki cipta merk (rebrand).

Analogi sederhananya, Ubuntu merupakan dstro turunan Debian, tapi Ubuntu memiliki core pengembangan sendiri dan bukan hasil remaster, termasuk juga di dalamnya distro Linux Mint dan BlankON. PCLinuxOS sendiri merupakan distro turunan Mandriva, tapi tentu saja dengan kode pengembangan yang sudah jauh berbeda ketimbang distro asalnya. Belum lagi perizinan software propriarti yang ada di dalam distro-distro tertentu, seperti driver, codec, dan perangkat lainnya yg memiliki lisensinya sendiri.

bill2

Kunjungi thread Kaskus yg membahas mengenai hal ini.

Last update:
20 Juli 2015

You might also enjoying this post.