Axel Download Akselerator di Windows

Saturday 2 July 2011
Posted in: IT Anak Rumahan

Setelah terkagum-kagum dengan keampuhan Axel mendownload file-file di Crunchbang saya, tergelitik juga rasa penasaran untuk menggunakan Downloader ini di sistem operasi Windows (kebetulan masih dipakai sewaktu kerja). Gugling sebentar dengan keyword “Axel downloader for Windows”, ternyata ada seseorang yang telah mem-port program ini menggunakan Cygwin agar dapat digunakan di OS Windows.

Anda dapat mendownload Axel for Windows di sini atau di sini (mirror). Extract download folder tersebut di mana saja, misal
C://Program Files/Axel.
Menggunakan program ini terbilang cukup rumit bagi orang awam karena masih berbasis command line interface (CLI). Namun, ada beberapa cara agar program ini dapat terintegrasi dengan browser Firefox.

Pertama, instal terlebih dahulu add-ons Flashgot. Setelah diinstal, restart Firefox Anda.

Kedua, tekan tombol [Ctrl] + [Shift] + [A] untuk menampilkan menu add-ons yang telah terinstal di browser.

Ketiga, Lihat area Flashgot, dan klik option. Muncul menu konfigurasi Flashgot, lihat tab general.
flashgot

Keempat,Pada kotak download manager klik add, beri nama bebas (misal, Axel-Win). Selanjutnya jendela yang menanyakan dimana letak program Axel.
option

Arahkan ke folder tempat kita mendowload Axel pada langkah awal sebelumnya, misal C://Program Files/Axel/axel.exe.
Kelima, pada tab “menu”, beri tanda cek list pada pilihan “Flashgot Media”. Selanjutnya pada tab “Flashgot Media”, beri tanda cek list “Axel-Win” (sesuai nama yg kita buat).

Untuk contoh penggunaan, klik link yang berisi file untuk di-download. Selanjutnya akan muncul menu pop-up untuk menanyakan aksi selanjutnya dari file yang akan didownload. Pilih Flashgot dengan tulisan Axel-Win.
cara-download

Begitu ditekan tombol OK, akan muncul jendela command-promt yang akan menampilkan proses mendownload file.
proses-download

Begitu file telah selesai didownload, jendela prompt tersebut akan hilang. File yang didownload ada di directory
C:UsersNAMA-USER-PC-ANDAAppDataLocalVirtualStoreProgram FilesMozilla Firefox

Jika link didownload merupakan direct link, kita bisa langsung klik kanan dan memilih menu “Axel-Win” untuk langsung mendownload tanpa melalui menu konfirmasi.

You might also enjoying this post.