Mint Menggeser Ubuntu di Distrowatch

Wednesday 9 November 2011
Posted in: IT Anak Rumahan

distrowatch-rank

Sudah lama tidak mampir ke situs sumber informasi berbagai distro GNU/Linux Distrowatch, kaget juga ternyata peringkat Ubuntu sudah digeser oleh Distro Linux Mint. Sebenarnya hal ini sudah banyak diprediksi oleh para pencinta dunia FLOS, terkait dengan perubahan interface yang diusung oleh Ubuntu itu sendiri.

Pasca-rilis LTS Lucid Lynx, rilis Ubuntu selanjutnya kini melepas interface Gnome lama sebagai tampilan desktop dan beralih ke Unity. Sekarang bergeser lagi ke Gnome Shell dan menyediakan opsi untuk menginstall Gnome3 dari repository. Ubuntu yang baru memang Indah, tapi hal ini tentunya menyulitkan para pengguna dengan tipe “established”.

Alternatif untuk Gnome2, pengguna biasanya beralih ke XFCE dengan tampilan yang mendekati Gnome2. Interface LXDE juga bisa menjadi pilihan dengan core Openbox yang dikenal sangat ringan. Pencinta Ubuntu bisa mencoba Xubuntu atau Lubuntu yang semakin populer.

Fenomena ini mungkin sama ketika KDE 4 pertama kali diluncurkan, mengganti KD3 dengan tampilan desktop plasma yang mengubah interface KDE secara fundamental. KDE3 kini berubah menjadi Trinity Desktop Environment, dan masih terus di-maintain sampai sekarang.

Saat itu orang begitu alergi dengan KDE4, desktop yang berat, file manager yang rumit (Dolphin), dan sebagainya. Namun kini KDE4 secara mantap diterima sebagai desktop manager moderen dan canggih serta menjadi tampilan default berbagai distro populer, seperti OpenSuSE dan Mandriva.

Kira-kira, untuk rilis Ubuntu LTS edisi mendatang (12.04), Apakah Ubuntu masih berani mengusung tampilan barunya? Mint sendiri berhasil menyalip Ubuntu setelah bertahun-tahun merajai peringkat di Distrowatch dengan mengusung kesederhanaan ala Gnome2 dan fleksibilitas memberikan file-file non-free.

 

You might also enjoying this post.