Destinasi Wisata Pantai Marunda, Hmmm…

Sunday 1 June 2014
Posted in: Did I Have a Story?, Photoblog, Share

Pemerintah Daerah Jakarta Utara sepertinya sudah lama mencanangkan program 12 destinasi kawasan wisata, dan salah satu destinasi tersebut adalah kawasan Kampung Nelayan Marunda, tempat wisata murah meriah.

pantai marunda

Jika kita mengkaji kegunaan dari kata wisata, Kamus Besar Bahasa Indonesia mendefinisikan kata “wisata” sebagai suatu kegiatan bepergian bersama-sama untuk memperluas pengetahuan, bersenang-senang, dan lain sebagainya

Sayangnya untuk dapat dikatakan sebagai kawasan wisata, wilayah perkampungan nelayan Marunda sepertinya harus membenahi banyak hal, seperti banyaknya sampah baik itu di pantai maupun di wilayah pinggiran dermaga tempat warung-warung makan dan air laut yang berwarna hitam.

Belum lagi “pungli kecil-kecil” yang entah peruntukannya untuk apa, seperti kalau turun ke bawah pantai harus bayar Rp.3000 atau gerbang-gerbang kecil yang kerap meminta “tiket masuk” (jujur agak risih juga jika harus mengeluarkan dompet terus-menerus, baiknya Anda persiapkan uang receh dari rumah).

pantai marunda kotor

Yang jelas sebelum pergi ke sini, Anda harus mempersiapkan mindset dalam pikiran Anda bahwa kawasan yang Anda tuju merupakan wilayah perkampungan nelayan. Kata perkampungan di sini berarti sesuatu yang tradisional dan pemukiman penduduk pesisir.

Jangan harap Anda akan menemukan ruang AC restoran junk food cepat saji karena daerah perkampungan. Persiapkan diri Anda bahwa daerah wisata yang Anda tuju merupakan wilayah panas. Belum lagi penduduk perkampungan sekitar yang belum bisa memanfaatkan potensi wisatanya dengan menjaga kebersihan.

Biaya-biaya pengeluaran

  1. Tiket Masuk
    Rp.3000 + Rp.3000 + Rp.3000
  2. Kelapa Muda
    Rp.10.000
  3. Kerang Hijau
    Rp.10.000

You might also enjoying this post.