Field Report: Bengkel Pulsar Biyan, Jl.Muncang Raya, Koja, Jakarta Utara

Monday 2 June 2014
Posted in: Did I Have a Story?, Share

Rupanya sudah dua tahun ada bengkel Bajaj Pulsar yang terletak di daerah Muncang, Kec. Koja, Jakarta Utara. Ideal disambangi jika Anda bertempat tinggal di daerah Plumpang, Tanjung Priok, Marunda, Cilincing, dan sekitarnya.

biyan-motor-bajaj-pulsar

Sialnya saya baru mengetahui keberadaan bengkel ini baru-baru saja, itu juga gara-gara baru join beberapa grup di Facebook yang mengusung tema Bajaj Pulsar. Bukan apa-apa, bengkel ini lumayan dekat dengan lokasi kerja saya sekarang. Begitu ada hari kosong, segera saya sambangi bengkel milik Bang Zaenal ini.

Kebetulan saya ingin mengganti kampas kopling, motor tidak bisa narik lagi meski sudah di-gas di RPM tinggi. Sebenarnya salut juga dengan part Bajaj yang satu ini. Saya baru ganti kampas setelah 7 tahunan dengan KM di angka 70.000-an.

Bang Zaenal orangnya ramah. Doi juga enak diajak konsultasi soal permasalahan Pulsar. Sambil membongkar mesin, dia juga bercerita soal pengalaman orang lain yang tidak mengerti persoalan Pulsar yang sok-sok-an membuka mesin Pulsar.

bengkel bajaj pulsar priok lagoa cilincing

Ada komponen khusus (balancer) di sana yang harus diperlakukan dengan tools khusus. Balancer inilah yang memberikan ciri khas suara mesin Pulsar dibanding dengan mesin lain. Ada semacam bunyi swing halus yang keluar dari mesin.

Btw, Bang Zaenal ini sebelumnya pernah bekerja di Bengkel Bajaj Pulsar Fontana Gunung Sahari Jakarta Pusat selama dua tahun. Soal pengalaman dan hasil kerja, saya rasa doi tidak perlu diragukan lagi. Terbukti penggantian kampas kopling motor saya dapat ditangani dengan baik.

Beberapa suku cadang fast moving part terbilang mencukupi, seperti kabel kopling, tali gas, kampas kopling, dan kampas rem. Ketika saya minta ganti part kaca intip level oli yang sudah bocor, bengkel bang Zaenal juga menyiapkan part-nya.

Yang kurang dari bengkel ini mungkin mekaniknya yang hanya Bang Zaenal sendirian. Memang ada asisten yang membantu ketika kerja, namun sepertinya akan memakan antrian yang cukup lama jika pasien banyak. Halaman bengkel mungkin juga tidak terlalu luas, hanya cukup untuk tiga motor.

biyan pulsar

Mungkin orang lain akan beranggapan bahwa ini hanya bengkel kecil biasa. Namun di tengah kemaraunya bengkel dan Part Bajaj Pulsar, bengkel ini saya rasa sangat membantu para pemilik Bajaj yang seringkali kesusahan menservis motornya.

Terbukti juga banyak klien Biyan Motor yang juga berasal dari luar daerah Jakarta Utara, seperti Bekasi. Rata-rata mereka datang untuk servis harian, ada juga yang datang karena korban mallpraktik bengkel lain 😆 .

Alamat Bengkel:
Jl.Muncang Raya No.6 ( Google Maps: -6.115795,106.904342 ) (pindah)
Jl.Mantang Blok K No.28 Kel.Lagoa Kec.Koja
(tidak jauh dari lokasi sebelumnya)

Telp:
08568263179 (Zaenal)

BBM
3114d54d

You might also enjoying this post.