Prototipe Desain Gaya Jap Style Pulsar 180 UG3

Wednesday 25 June 2014
Posted in: Drawing, Share

Pulsar 180 UG3 pertama kali dirilis pada tahun 2006 akhir. Di tahun 2007, kemunculan motor ini cukup fenomenal di Indonesia. Selain karena iklannya yang hampir tayang tiap malam, desain Pulsar 180 ini benar-benar terkesan sporty dan sangat lelaki.

pulsar jap style modification

Seiring perkembangan zaman, kegagahan Pulsar 180 tampaknya semakin memudar. Jika kita membandingkannya dengan desain Yamaha Bison, Pulsar 180 semakin terasa jadul. Belum lagi shockbreaker belakang bawaan yang masih menggunakan model stereo.

Atas dasar itulah saya berinisiatif mengubah desain Pulsar 180 menjadi aliran jap/brat style. Semua orang pasti sepakat bahwa desain jadul merupakan sesuatu yang abadi dan tidak pernah ketinggalan zaman (hauwah).

Desain ini baru sebatas prototipe digital saja dengan konsep ubahan minimal dari desain awal. Tujuannya tentu saja diharapkan tidak terlalu banyak modifikasi yang dilakukan, sehingga mudah diterapkan pada motor sebenarnya.

Tangki Pulsar yang menunduk ke bawah diubah agar lebih nungging di bagian depan. Posisi ini akan memberikan kesan datar ala jap style pada bagian bawah tanki. Jok pasti dipapas dan ada kemungkinan mengotak-atik rangka motor bagian belakang. Walau begitu, lampu sign dan spakbor belakang tetap menggunakan bawaan Pulsar.

Cover aki tetap mempertahankan bentuk aslinya, namun lampu utama mengalami ubahan total. Desain lampu bulat dipilih untuk menonjolkan kesan jadul. Agar lebih gagah, kaki-kaki diganti menggunakan velg jari-jari yang telah disematkan ban bertipe donat.

Bajaj Pulsar Brat Style

You might also enjoying this post.