Ganti Headlamp Pulsar

Posted on Sunday 29 May 2016 | By

Baru-baru ini speedometer Pulsar UG3 saya anjlok sebelah. Sepertinya dudukan kakinya ada yang copot atau patah. Sekalian saja headlamp si Pulsar saya bongkar dan diganti pakai batok Honda Scoopy.

bajaj pulsar

Berhubung sudah nyopot BCU (body control unit) Pulsar, proses penggantian batok pulsar jadi lumayan mudah karena isi headlamp tidak terlalu penuh kabel-kabel. Yang ribet justru ngakalin bracket bawaan pulsar biar batok scoopy bisa masuk ke situ. Saya pengen tetap pakai bracket bawaan pulsar biar ngirit -_-

Langkah-langkahnya adalah; buka baut visor disusul dudukan plat motor di bawah batok. Buka juga baut kedok speedometer, dan baut di bawah lampu sen kiri dan kanan. Cabut semua kabel yang menyolok pada masing-masing soket, mulai dari lampu utama, lampu sen, dan kabel speedometer.

Untuk ngakalin bracket, saya pakai plat besi panjang bolong-bolong. Harga satuannya Rp 5000 dan saya butuh sekitar tiga buah untuk mengakali batok Scoopy. Plat ini bisa ditekuk dan disesuaikan sesuai kebutuhan. Selain bracket, jelas saya juga menggunakan baut dan mur beserta ring ukuran 10.

pulsar batok scoopy

Percobaan pertama, headlamp Scoopy dipasang tanpa speedometer (belum ada dudukan).

Percobaan berikutnya; bracket speedometer dan plat nomor dipasang.

Yang paling penting ketika mencopot batok pulsar adalah, pastikan tiap sambungan kabel sudah diisolasi dengan baik. Ini karena jalur kabel di batok pulsar yang biasanya tertutup, sekarang kita ganti dengan model terbuka.

Advertisement

Share this post

You might also enjoying this post.

Leave a Reply