Mencoba Pola Makan Ketogenic

Posted on Monday 3 October 2016 | By

Okeh, berhubung sadar berat badan makin bertambah nggak karu-karuan, saatnya berintrospeksi dengan pola harian yang saya lakukan selama ini. Yang jelas, saya selalu berprinsip untuk menghindari diet karena menurut saya itu nyusahin 🙄 .

Sebelumnya saya juga punya teman di Facebook yang sering share berita mengenai pola makan yang ia lakukan. Tak tanggung-tanggung, dalam waktu tiga bulan ia berhasil menurunkan berat badan sampai 30kg. Yang lebih herannya lagi, ia sering mem-posting foto-foto makanan yang ia santap, dan semuanya enak.

Selidik lebih lanjut, ternyata ia mengikuti pola makan ketogenic yang dikombinasikan dengan puasa (fasting), atau sebut saja bunga ketofastosis. Di Facebook, Anda dapat mencarinya dengan kata kunci “ketogenic indonesia”.

Inti dari pola makan ini adalah sedapat mungkin mengurangi asupan karbohidrat dalam tubuh. Adapun asupan yang diperbolehkan adalah semua makanan berlemak, seperti daging-dagingan, telur, santan, dan lain sebagainya. Terus terang ini pola makan yang enak bukan?

Tujuannya adalah mengubah metabolisme liver dari yang sebelumnya menyerap energi dari karbohidrat, dan menggantinya dari lemak. Ketika tubuh sudah tidak mengandalkan sumber energi dari karbohidrat lagi, maka ia sudah memasuki fase ketosis.

Terus terang karena saya berpantang melakukan diet, saya cenderung menghindari puasa (karena memang tidak kuat). Saya tidak mengurangi makan, tetap tiga kali dalam sehari. Namun, sumber makanan yang saya makan sudah tidak mengandung karbohidrat lagi.

Di bawah ini adalah salah satu contoh menu makanan saya. Biasanya cuma telur dua biji, entah itu diceplok atau didadar. Daging disantap jika memang lagi punya saja (mahal soalnya 🙁 ). Alternatif murah bisa mengonsumsi ikan cuek dengan santan.

Walhasil, dalam waktu 4 (empat) minggu, saya berhasil menurunkan berat badan saya hingga 12kg. Berhubung BB awal saya memang sudah overdosis, penurunan ini sepertinya tidak terlalu berpengaruh. Yang pasti, leher saya sekarang sudah mulai kelihatan sedikit 😳 .

Advertisement

Share this post

You might also enjoying this post.

Leave a Reply