Sedikit Review Film Mr. Robot

Sunday 1 January 2017
Posted in: Share

Pernah nonton film Mr.Robot? Kalau belum, saya akan memberikan sedikit gambaran mengenai film ini (tenang, tidak ada spoiler di sini). Film Mr. Robot menceritakan lika-liku kehidupan seorang hacker, sysadmin, dan network security engineer.

Okeh, itu gambaran singkatnya. Selanjutnya, film ini juga menceritakan cita-cita besar seorang hacker (Elliot Alderson) yang dendam pada dunia (halah). Karakter orang ambisius yang menghalalkan segala cara juga ditampilkan dalam film ini (Tyrell Wellick).

mr robot

Jika Anda seorang pencinta hal-hal yang berhubungan dengan teknologi informasi (IT), film ini sepertinya akan cukup menarik bagi Anda. Ada banyak pernak-pernik yang berhubungan dengan teknologi jaringan di film ini. Kegiatan hacking dijabarkan secara apa adanya, sesuai dengan realita keseharian.

Tercatat, ada beberapa hal IT yang sempat saya tangkap dalam film seri ini. Di antaranya adalah:

  • Lingkungan desktop Gnome
  • Penggunaan console/terminal secara intens
  • Root akses
  • Sosial hacking dengan phissing
  • Perangkat Raspberry Pi
  • Honeypot
  • Antivirus Avira?

Terlepas dari itu semua, film ini tidak lebih dari film psikologi kental, dengan bumbu-bumbu IT di sekelilingnya. Layaknya film psikologi, ada banyak karakter unik dan dikaji secara mendalam dalam Mr.Robot. Cukup menarik karena menghadirkan perspektif lain dari film psikologi pada umumnya.

Karena berbau IT dan aktivitas hacking, film ini juga memberikan stereotipe mengenai apa dan bagaimana sosok hacker. Mereka adalah orang yang introvert dan memakai hoodie serta begadang semalaman. Jelas mereka juga memakai ransel di punggung untuk membawa “alat perang” (laptop).

Okeh, berhubung film ini sudah masuk season 2, tampaknya cukup telat bagi saya membahas sinopsis film tersebut di sini. Ada baiknya Anda mengikuti film tersebut sendiri agar Anda dapat memahami kegilaan para karakternya, dan juga menikmati pernak-pernik IT-nya tadi.

You might also enjoying this post.