Cedera Tendon Achilles, Apa Itu?

Posted on Monday 18 December 2017 | By

Baru-baru ini ketika saya bermain basket, kaki belakang di atas tumit mengeluarkan bunyi “klek”. Hal ini terjadi ketika saya melompat ke depan secara tiba-tiba. Saya langsung terjatuh dan sesaat tidak bisa berdiri.

Saat itu saya kira saya mengalami cedera angkle, namun saya agak heran dengan letaknya yang ada di atas tumit belakang kaki. Setelah gugling ke sana kemari, ternyata cedera yang saya alami menimpa tendon achilles (otot atas tumit bagian belakang).

Secara umum cedera ini tidak terlalu sakit, sebagaimana cedera angkle. Yang jelas, cedera ini sukses membuat saya tidak bisa berjalan secara normal (berjalan terpincang-pincang).

Penyebabnya, jelas beban berlebih pada tendon achilles. Saat itu saya juga tidak melakukan pemanasan, terlebih usia sudah menginjak 30 tahun ke atas (ya saya tua -_-). Belum lagi bobot tubuh yang obesitas (berat 94kg tinggi 173cm) semakin memperparah tekanan terhadap otot tersebut.

Gugling sebentar, ketemu cara penanganannya di sini (klik). Intinya sih memang banyakin istirahat (paling tidak 6 bulanan) untuk otot yang cedera (jika hanya sebatas robek) dan mulai pembiasaan secara perlahan-lahan ketika sudah bisa bergerak sedikit. Namun apabila cedera sudah sampai tahapan putus, operasi berarti menjadi jalan satu-satunya.

Untuk video terapi pijatnya, ketemu juga di Youtube.

Advertisement

Share this post

You might also enjoying this post.

2 Responses to “Cedera Tendon Achilles, Apa Itu?”

  1. […] saya pernah cerita soal cedera pada tendon achilles yang saya alami di postingan berikut. Sekarang saya akan menceritakan bagaimana […]

  2. […] Anda yang belum tahu mengenai cedera ini, dapat melihat tulisan saya di sini (bagian 1) dan di sini (bagian 2). Yang jelas, cedera ini dapat sukses mengubah pergerakan dan […]

Leave a Reply