Hari 04 #30HariBercerita: Pengalaman Menyewa Motor di Bandung

Friday 26 April 2019
Posted in: Did I Have a Story?, Share

Kebetulan saya ada acara di Bandung dan sayang rasanya jika saya tidak menyempatkan diri untuk mengelilingi kota tersebut di malam hari. Menggunakan transportasi umum agak sulit, karena saya memang tidak tahu rute di sana. Jika menggunakan transportasi online, pastinya akan memakan biaya yang tidak sedikit.

Akhirnya diputuskanlah untuk nge-rental motor saja selama di Bandung. Cukup bermodalkan GPS dan bensin untuk bertamasya. Sempet was-was awalnya, karena ini merupakan pengalaman pertama saya mencari sewaan motor di Bandung. Setelah research sedikit di Google, pilihan jatuh kepada Jovian Rent (Jovian Rental Motor Bandung).

Sebelum transaksi, sang pemilik meminta foto KTP dan SIM. Kemudian, ia juga meminta agar di-approve pertemanan di akun Instagram. Mungkin untuk mengenal lebih lanjut si pelanggan, sekaligus berjaga-jaga agar motor yang dipinjam tidak dibawa kabur oleh pelanggannya, wkwkwk.

Untuk sistem pembayaran, pemilik meminta saya membayar DP separuh (50%) di awal. Untuk biayanya (18-04-2019), sewa motor Yamaha X-Ride dibanderol harga Rp 150.000 per hari (untuk motor lain mungkin harganya akan berbeda). Pembayaran dilakukan via transfer ATM BCA. Mahal/murah, relatif juga untuk soal ini.

Yang saya suka dari Jovian Rent, motor bisa diantar/jemput pada saat pengantaran/pengembalian. Waktu itu saya menginap di Aryaduta, motor diantar ke hotel. Begitupun saat saya pulang kembali ke Jakarta, motor dapat diambil di stasiun. Untuk fasilitas ini saya tidak dikenakan lagi biaya tambahan.

Berbicara mengenai rental motor, tentu kita harus membicarakan mengenai kondisi motor yang diberikan. Untuk kualitas motor, tarikan masih lumayan responsif. Kuat dipakai untuk nanjak-nanjak di perbukitan Lembang. Motor sepertinya rutin dirawat dan tampilan awal bersih. Jas hujan dan helm yg disediakan juga tidak bau (masing-masing dua set).

rental motor di jovian bandung

Kurangnya dari Jovian Rent, mungkin karena tidak ada tanda terima pas pelunasan, yah (untuk jaga-jaga kita saja agar tidak was-was). Cuma karena saya lancar-lancar saja, hal ini tidak menjadi masalah. Saya tidak ragu untuk nge-rental motor lagi di Jovian jika saya berkunjung lagi ke Bandung.

Instagram:
sewa_motor_bandung

You might also enjoying this post.