Perpanjang STNK Cuma 15 Menit di Samsat Keliling

Posted on Friday 27 December 2019 | By

Barusan, 27 Desember 2019, saya habis memperpanjang pajak tahunan kendaraan bermotor (Si Pulsar). Mulanya sempat bingung karena ritual ini biasanya diwarnai dengan antrean yang cukup ramai. Datang pagi pun sepertinya masih ngerasa percuma aja.

SAMSAT Islamic Centerr

Namun, barusan saya merasakan sensasi yang berbeda (auah  😆  ) ketika melakukan proses perpanjangan STNK di gerai SAMSAT (Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap) keliling (bus besar). Proses perpanjangan hanya membutuhkan waktu 15 menit.

Saat itu antrean sedang sepi. Begitu datang, saya langsung mengambil formulir isian di meja dan selanjutnya mengisi berbagai identitas dan data kelengkapan yang diperlukan. Ingat, semua berkas baik asli maupun salinan harus dibawa untuk verifikasi.

Adapun berkas yang perlu dibawa adalah KTP, BPKB, dan SNTK (asli dan salinan masing-masing satu). Ingat, lakukan saja semuanya sendiri. Tidak usah mencari calo karena memang prosesnya sangat mudah dan cepat. Isi data, lampirkan berkas ke loket, dan tunggu untuk dipanggil.

Bagi Anda yang berlokasi di Jakarta Utara, terutama wilayah Semper, Koja, Sukapura, Tugu, Rawa Badak, dan Sekitarnya, gerai SAMSAT Islamic Center (masuk ke dalam) ini wajib Anda kunjungi jika hendak memperpanjang pajak tahunan motor dan mobil Anda.

Saya rasa hal ini merupakan kewajaran. Kita sebagai warga negara yang taat pajak, sudah selayaknya diberi kemudahan dalam memperpanjang berkas STNK. Menurut info, gerai SAMSAT keliling ini buka setiap hari (Sabtu setengah hari), jadi wajar saja jika antreannya sepi.

Tips:

  • Bawa pulpen sendiri dari rumah agar tidak antre dengan orang lain.
  • Di SAMSAT keliling Islamic Center memang tersedia layanan fotokopi. Namun, baiknya berkas sudah disiapkan dari rumah agar lebih cepat.
Advertisement

Share this post

You might also enjoying this post.

Leave a Reply