Error Instalasi XDM pada Debian Linux

Posted on Tuesday 24 March 2020 | By

Semua orang yang hobi download-download (ngunduh) di PC pasti suka banget pakai download manager XDM. Aplikasi ini memudahkan saya ketika mencari lagu di internet karena dia bisa langsung meng-convert video di Youtube jadi MP3.

Nah, berhubung situasi memaksa saya untuk kerja di rumah (istilahnya work from home), hal ini mendorong saya untuk mengoprek kembali Linux di laptop dualboot yang biasanya di-skip dan langsung masuk ke Windows. Haha  :mrgreen:

Sebenarnya pertimbangan saya memakai Linux lagi adalah spesifikasi Laptop jadul yang saya beli di tahun 2009 (dualcore dengan RAM 3GB). Jika bekerja di Windows (Seven), prosesnya sungguh lama apalagi jika sudah berkutat dengan aplikasi yang web intens.

Nah, pas saya coba kerja di Linux, ternyata prosesnya berjalan lebih lancar. Walhasil proses mengoprek jadi dimulai lagi. Berhubung distro Linux yang digunakan sudah sangat jadul dan sudah tidak dipelihara lagi oleh sang pengembang (Crunchbang), akhirnya saya memasang Antix Linux versi dasar (base) keluaran tahun 2020 awal.

Kembali ke soal XDM tadi, langsung kunjungi halaman resmi mereka di alamat berikut:
https://subhra74.github.io/xdm/#downloads

Download XDM

Download XDM

Kemudian download versi Linux installernya dan extract. Selanjutnya buka folder tempat berkas XDM yang sudah diextract. Di sana terdapat dua berkas, yaitu readme.txt dan install.sh.

Masih di dalam folder, jalankan terminal. Caranya, tinggal klik kanan di dalam folder dan pilih menu “Open Terminal Here”. Selanjutnya aplikasi terminal dengan direktori tempat file terunduh akan tampil.

Pada dokumen readme.txt, cara instalasi adalah dengan mengetik perintah berikut:
sudo ./install.sh

Namun setelah saya coba, output pada terminal adalah “command not found”. XDM pun gagal terinstall ke dalam sistem.

Setelah mencari di Google, ada yang menyarankan untuk menggunakan perintah berikut:
sudo sh install.sh

Setelah saya coba, cara ini berhasil.

Advertisement

Share this post

You might also enjoying this post.

Leave a Reply