Installasi Aplikasi Zoom di Debian Linux

Posted on Wednesday 1 April 2020 | By

Berhubung masih musim WFH2-an (Work From Home), penggunaan aplikasi Zoom kini semakin lumrah di kalangan para pekerja yang harus mengalami masa-masa pengasingan di rumah. Bagi Anda yang belum tahu, Zoom adalah aplikasi yang memungkinkan Anda melakukan video conference dengan banyak orang.

Untuk instalasi di smartphone dan PC Windows sepertinya sangat mudah. Unduh berkas instalasi dan jalankan hingga prosesnya selesai. Untuk Android, tinggal jalankan Playstore dan ketik dalam kolom pencarian: “Zoom”. Pilih aplikasi dengan nama Zoom Cloud Meeting.

Namun untuk Linux, caranya sedikit lebih rumit.

Unduh berkas aplikasi Zoom di alamat berikut. Pilih tipe Linux yang dipakai dan arsitektur OS yang digunakan pada PC Anda. Sesuaikan versi dengan varian Debian yang Anda pasang. Misal, saat ini Debian terkini sudah mencapai versi 10. Anda dapat mengunduh versi 8.0+.

Setelah diunduh, Anda akan mendapatkan berkas dengan ekstensi *.deb. Jika Aplikasi Gdebi sudah terpasang, tinggal klik dua kali pada berkas untuk menjalankan proses instalasi. Jika belum, buka terminal di tempat folder berkas instalasi Zoom berada. Biasanya dari file manager, cukup klik kanan pada folder tempat mengunduh dan pilih –> Open Terminal Here.

zoom linux download

Ketik ini pada terminal:
sudo dpkg -i zoom_amd64.deb

Memasukkan password dan tunggu sampai proses instalasi selesai. Sayangnya, Zoom membutuhkan aplikasi pendukung lainnya yang (biasanya) tidak terinstal secara default.

Ketik lagi pada terminal untuk mengunduh aplikasi pendukung (dependency):
sudo apt-get -f install

Selanjutnya terminal akan menampilkan proses pengunduhan dan penginstalan aplikasi pendukung. Kalau sudah, aplikasi Zoom sudah terpasang di PC Debian Anda. Pada launcher desktop manager, Aplikasi Zoom terdapat di menu Internet.

Advertisement

Share this post

You might also enjoying this post.

Leave a Reply