Pengalaman Klaim Garansi Keyboard NYK

Posted on Saturday 19 June 2021 | By

Alkisah saya melakukan pembelian keyboard RGB merk NYK pada tanggal 23 Juli 2020. Anda pasti bertanya, kenapa harus RGB? Hal ini bermula ketika saya membutuhkan tuts keyboard yang menyala hurufnya.

Ketika lampu dimatikan, tuts keyboard tetap menyala sehingga bisa dipakai begadang. Waktu itu WFH lagi ketat-ketatnya, dan bekerja di rumah tanpa batasan waktu menjadi pilihan utama, termasuk juga di malam hari.

Sebenarnya saya tidak suka dengan tipe RGB, apalagi kalau bukan karena modelnya yang norak  😳 . Namun ketika melakukan pencarian di market place, item yang muncul selalu keyboard tipe RGB, jarang tipe backlit.

Akhirnya pilihan jatuh kepada NYK K02, karena harga yang terjangkau dan kebetulan lagi promo (Rp 112.00, dari yang sebelumnya 125.000). Item ini juga nongol terus di feed, seolah menggoda saya.

NYK Keyboard K02

Sayangnya seiring berjalannya waktu, keyboard mulai mendapat masalah. Tuts angka [3] di bagian huruf tidak berfungsi. Hal ini lumayan mengganggu namun saya coba mengatasinya dengan membiasakan diri menekan tuts [3] di bagian numerik.

Setelah sekian lama, pada Maret 2021 cobaan datang kembali. Tiba-tiba tombol angka [0] di bagian numerik ikut-ikutan tidak berfungsi. Jelas kerusakan di bagian numerik merupakan hal yang cukup fatal, terlebih pada tuts [0].

Akhirnya pada 19 Maret 2021, saya memutuskan untuk bertanya pada si penjual di market place tempat saya membeli dulu menggunakan fitur chat; bagaimana cara mengeklaim garansi untuk produk Keyboard yang saya beli.

Penjual cukup kooperatif dan langsung memberikan dokumen persyaratan serta alamat retur.

Format Klaim/Retur Produk Official Store
User wajib mencantumkan:

  • No Order/No invoice
  • Tanggal Pembelian
  • Portal Pembelian
  • Kendala Produk

Dikirimkan ke alamat :
NYK Official Stone
Harco Mangga Dua Plaza P.17, Jalan Arteni Mangga Dua Raya,
RT.1/RW.12, Mangga Dua Sel, Sawah Besar, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10730

No Handphone
087776973803

Berhubung data transaksi terekam semua di invoice market place, segera saya siapkan persyaratan yang dibutuhkan. Kemudian saya tanya apakah saya bisa melakukan penukaran langsung di toko, berhubung situasi masih WFH.

Penjual pun mempersilakan saya untuk datang ke toko. Besoknya (20 Maret 2021) segera saya cari alamat toko di Harco Mangga Dua. Terkadang alamat yang diberikan dengan tempat yang sebenarnya bisa berbeda.

Benar saja, ternyata alamat yang ditunjukkan merupakan alamat administratif. Untuk klaim dan penjualan berada di blok belakang rukonya. Sempat berputar-putar di blok belakang, namun saya tidak menemukan plang NYK.

Saya agak curiga dengan salah satu ruko yang cukup ramai dengan supir Gojek wara-wiri. Namun plang yang tertera di sana adalah merk Daeru dan Alseye. Segera saya bertanya ke karyawan yang menjaga, dan ternyata benar di situ juga tempat penjualan dan klaim merk NYK.

Setelah menjelaskan kronologinya, petugas langsung melakukan penggantian unit. Sebelum unit diserahkan kepada saya, dilakukan pengecekan tuts keyboard satu per satu untuk memastikan barang berfungsi dengan baik.

Sekian, akhirnya keyboard saya berfungsi lagi dan akhirnya bisa lanjut begadang produktif lagi.

swafoto NYK

Advertisement

Share this post

You might also enjoying this post.

Leave a Reply