Tidak Menampilkan Kategori Tertentu dari Homepage WordPress

Posted on Tuesday 10 May 2022 | By

Pada konfigurasi instalasi default WordPress, halaman depan situs (homepage) akan menampilkan pos-pos terkini dari WordPress (recent post). Nah, di halaman depan ini, semua tulisan yang sudah diterbitkan di semua kategori akan ditampilkan di dalam loop situs kita.

Problemnya adalah, bagaimana cara agar kategori tertentu tidak tampil di dalam homepage WordPress. Contoh kasus, Anda seorang profesional yang konsisten menampilkan tulisan mengenai coding atau 3Ddesign. Nah, tulisan dengan kategori “curhat” tentu tidak ingin muncul di halaman depan bukan?

Hal ini bisa dilakukan pada CMS WordPress. Cara sederhana adalah, cari plugin (pengaya) yang memiliki fitur yang diinginkan. Cara lain adalah, tentu saja kita harus mengotak-atik file function (berkas function.php pada folder themes yang dipakai). Selanjutnya, masukkan fungsi exclude berikut.

// Exclude category in WordPress default loop
function exclude_category_home( $query ) {
if ( $query->is_home ) {
$query->set( 'cat', '-167, -169, -41, -133, -43, -44, -48' );
}
return $query;
}
// End Exclude category in WordPress default loop

Yang perlu diperhatikan adalah angka-angka -167, -169, -41, -133, -43, -44, -48. Angka ini merupakan nomor kategori tulisan yang akan di-exclude dari halaman depan. Untuk melihatnya, Anda bisa lihat di bagian edit kategori. Setelah Anda klik edit, di bagian address bar browser akan terlihat nomor kategori.

Contoh seperti ini
taxonomy=category&tag_ID=2

Kode ini dimasukkan sesudah tulisan di file function.php
<?php

Share this post

You might also enjoying this post.

Leave a Reply