Salah Config DNS Cloudflare, Email Tidak Masuk

Posted on Wednesday 22 June 2022 | By

Dulu sempat menggunakan layanan Cloudflare dan sepertinya tidak terlalu ribet untuk melakukan konfigurasi. Cukup ganti nameserver domain kita ke nameserver Cloudflare, dan selesai. Selanjutnya, layanan Cloudflare akan terintegrasi secara otomatis ke situs kita.

DNS cloudflare menu

Kini, sepertinya ada beberapa konfigurasi yang harus dilakukan. Hal yang krusial adalah mengatur konfigurasi DNS. Jika tidak, akan ada beberapa fitur yang tidak bisa berjalan dengan baik. Salah satunya adalah surel (email) yang tidak bisa masuk ke dalam kotak masuk.

Adapun confignya adalah sebagai berikut; Buat A record, dan masukkan @ untuk Name. Karakter @ akan memasukkan alamat website (domain) kita secara otomatis. Masukkan juga alamat IPv4 dari server website kita. Kemudian, buat status menjadi proxied.

A record cloudflare

Nah, berhubung website yang saya kelola memanfaatkan Google Workspace, konfigurasi tambahan harus dilakukan. Buat MX record dan masukkan @ untuk Namenya. Kemudian, masukkan aspmx.l.google.com sebagai alamat Mail Servernya. TTL dibuat auto dan priority dimasukkan angka 1 (semakin kecil semakin prioritas).

MX record Google Workspace Cloudflare

Informasi tambahan. Jika kita menggunakan subdomain yang diarahkan ke blogger (blogger custom domain), Buat CNAME record dengan status Proxy menjadi DNS only. Name-nya diiisi berdasarkan nama subdomain dan kolom Target dimasukkan alamat yang diberikan pada pengaturan blogger custom domain (biasanya ghs.google.com).

cname blogger custom domain cloudflare

Share this post

You might also enjoying this post.

Leave a Reply