Soal MU yang Kalah 4 Gol Tanpa Bisa Balas

Posted on: Tuesday 16 August 2022 | Category: Lucu2-an | post comment

MU harusnya matiin CCTV stadion, terus bubarin klub Brentpord. Abis itu lobi ke Komisi Pertandingan kalau siaran kemarin yang sudah tayang live di TV cuma simulasi game FIFA 21, AI vs AI. Penonton yang kemarin datang ke stadium dikasih jatah komisaris, biar diam.

Yang bersikukuh itu real, tuduh subversif, gerombolan perusak liga Inggris. Simpatisan “Liga Sebelah” yang nggak laku. Kalau masih ngotot juga, kasih label organisasi terlarang. Usir dari wilayah NKIR (Negara Kesatuan Inggris Raya) selama 10 tahun, sampai orang lupa insiden 4-0.

Selanjutnya, Stadion klub Brentport dirubuhin. Bayar buzzer RP dan kasih mereka instruksi narasi MU harga mati, CR7 pemain terbaik sealam semesta. Klub lain semua radikal.

Salah Config DNS Cloudflare, Email Tidak Masuk

Posted on: Wednesday 22 June 2022 | Category: WebDev | post comment

Dulu sempat menggunakan layanan Cloudflare dan sepertinya tidak terlalu ribet untuk melakukan konfigurasi. Cukup ganti nameserver domain kita ke nameserver Cloudflare, dan selesai. Selanjutnya, layanan Cloudflare akan terintegrasi secara otomatis ke situs kita.

DNS cloudflare menu

Kini, sepertinya ada beberapa konfigurasi yang harus dilakukan. Hal yang krusial adalah mengatur konfigurasi DNS. Jika tidak, akan ada beberapa fitur yang tidak bisa berjalan dengan baik. Salah satunya adalah surel (email) yang tidak bisa masuk ke dalam kotak masuk. ( More … )

Pengalaman Sewa Motor di Bandung (2)

Posted on: Monday 16 May 2022 | Category: Did I Have a Story? | post comment

Alkisah, didapatlah waktu libur yang cukup lumayan. Saya dan partner hidup (okeh, wkwkwk) memutuskan untuk berlibur ke Bandung. Destinasi ini juga menjadi pilihan utama karena rutenya yang dekat dari Jakarta dan akomodasi yang cukup mudah via kereta.

Nah, berhubung kota Bandung ini sendiri mirip-mirip kota Jakarta dari segi kepadatannya, berkendara dengan sepeda motor untuk menjelajah isi kota ini merupakan pilihan yang logis. Biaya yang ditekan juga sangat lumayan jika dibandingkan dengan menyewa ojek daring (online).

Sayangnya, saya tidak menyangka jika ternyata waktu libur yang saya pilih merupakan puncak libur yang sangat-sangat parah. Memutuskan untuk menyewa motor di malam hari sebelum keberangkatan jelas merupakan tindakan yang konyol. Kenapa konyol?

Semua slot penyewaan sepeda motor habis. Andaikata ada, harganya bisa berkali-kali lipat dari harga normal. Bayangkan, jika Anda biasa menyewa 80 ribu – 90 ribu per hari untuk jenis motor metik kelas standard, pada high season, harga ini bisa mencapai 250 ribu per hari.

Paginya, di sepanjang perjalanan di atas kereta, saya mengontak tiap penyedia jasa penyewaan sepeda motor, baik itu via pencarian di Gugel dan juga via Instangram. Hasil yang didapat selalu sama, stok motor habis dan andaikata, harga yang ditawarkan bisa setinggi langit.

Namun, saya masih memelihara asa di dalam diri. Sesampainya di Bandung, saya mencoba mencari tempat penyewaan sepeda motor di sekitaran stasiun Bandung. Jalan sedikit ke arah kiri, didapatlah tempat penyewaan sepeda motor. Langsung saja saya bernegosiasi.

Didapatlah angka yang sangat logis untuk tiga hari, yaitu Rp 300 ribu. Sementara harga yang ditawarkan ketika saya mengontak online via WA atau IG bisa mencapai Rp 750 ribu. Sampai sini saya bisa menyimpulkan bahwa harga yang ditawarkan secara online tidak selalu lebih murah, terlebih ketika terkait jasa.

rental motor bandung

Tidak Menampilkan Kategori Tertentu dari Homepage WordPress

Posted on: Tuesday 10 May 2022 | Category: WebDev | post comment

Pada konfigurasi instalasi default WordPress, halaman depan situs (homepage) akan menampilkan pos-pos terkini dari WordPress (recent post). Nah, di halaman depan ini, semua tulisan yang sudah diterbitkan di semua kategori akan ditampilkan di dalam loop situs kita.

Problemnya adalah, bagaimana cara agar kategori tertentu tidak tampil di dalam homepage WordPress. Contoh kasus, Anda seorang profesional yang konsisten menampilkan tulisan mengenai coding atau 3Ddesign. Nah, tulisan dengan kategori “curhat” tentu tidak ingin muncul di halaman depan bukan?

Hal ini bisa dilakukan pada CMS WordPress. Cara sederhana adalah, cari plugin (pengaya) yang memiliki fitur yang diinginkan. Cara lain adalah, tentu saja kita harus mengotak-atik file function (berkas function.php pada folder themes yang dipakai). Selanjutnya, masukkan fungsi exclude berikut.

// Exclude category in WordPress default loop
function exclude_category_home( $query ) {
if ( $query->is_home ) {
$query->set( 'cat', '-167, -169, -41, -133, -43, -44, -48' );
}
return $query;
}
// End Exclude category in WordPress default loop

Yang perlu diperhatikan adalah angka-angka -167, -169, -41, -133, -43, -44, -48. Angka ini merupakan nomor kategori tulisan yang akan di-exclude dari halaman depan. Untuk melihatnya, Anda bisa lihat di bagian edit kategori. Setelah Anda klik edit, di bagian address bar browser akan terlihat nomor kategori.

Contoh seperti ini
taxonomy=category&tag_ID=2

Kode ini dimasukkan sesudah tulisan di file function.php
<?php

Mempercepat Load Situs WordPres Ala2 Saya

Posted on: Wednesday 4 May 2022 | Category: WebDev | post comment

Tips ini adalah cara old school untuk mempercepat loading situs WordPress. Tidak bisa diterapkan untuk semua situs WordPress. Hanya untuk diperuntukkan bagi mereka yang pemberani dan tangguh old school (jadul).

Tips pertama adalah disable jquery bawaan WordPress. Kadang kita suka meng-include jquery via CDN, namun jquery bawaan WordPress masih suka ter-include.

Gunakan fitur edit function pada themes kita, dan masukkan script berikut:
// disable builtin javascript
function my_init() {
if (!is_admin()) {
wp_deregister_script('jquery');
wp_register_script('jquery', false);
}
}
add_action('init', 'my_init');
// end disable builtin javascript

Tips kedua adalah, jika Anda tidak menggunakan fitur block WordPress dan menggunakan editor klasik (via plugin), nonaktifkan juga block css bawaan WordPress.

Gunakan fitur edit function pada themes kita, dan masukkan script berikut:
// disable wp_block_library
function smartwp_remove_wp_block_library_css(){
wp_dequeue_style( 'wp-block-library' );
wp_dequeue_style( 'wp-block-library-theme' );
wp_dequeue_style( 'wc-blocks-style' ); // Remove WooCommerce block CSS
}
add_action( 'wp_enqueue_scripts', 'smartwp_remove_wp_block_library_css', 100 );
// end disable wp_block_library

Tips yang ketiga, nonaktifkan video player bawaan WordPress. Jika situs Anda memiliki storage terbatas dan terpaksa meng-embed konten video dari Youtube, tips ini dapat Anda terapkan juga.

Edit kembali file function.php pada directory themes kita.
// disable default WordPress video player
function deregister_media_elements(){
wp_deregister_script('wp-mediaelement');
wp_deregister_style('wp-mediaelement');
}
add_action('wp_enqueue_scripts','deregister_media_elements');
// end disable default WordPress video player